Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser di Luar Kota Lagi Setelah Dua Tahun, Kunto Aji Linglung

Kompas.com - 27/03/2022, 12:38 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

NUSA DUA, KOMPAS.com - Penyanyi Kunto Aji akhirnya bisa kembali merasakan euforia penonton berskala besar lewat penampilannya di Joyland Festival yang digelar di Taman Bhagawan, Nusa Dua, Bali, Sabtu (26/3/2022).

Karena ini merupakan pertama kalinya Kunto Aji tampil di luar kota setelah dua tahun rehat akibat wabah virus corona, ia mengaku seperti orang kebingungan ketika tiba di Bandara Ngurah Rai, Kuta.

"Itu masih kayak yang, 'anjir ini beneran enggak sih?' Masih kayak yang lihat anak-anak (tim) bawa alat-alat, karena sudah dua tahun. Ini kayak sesuatu yang asing, kayak dejavu," kata Kunto Aji di Nusa Dusa, Bali, Sabtu.

Baca juga: Buka Joyland Festival Hari ke-2, Kunto Aji: Semoga Tahun Ini Terakhir Pandemi Covid-19

"(Kayak) Aneh, tapi senang banget. Dalam artian, dunia banyak berubah. Kita enggak akan lagi mungkin bandara yang penuh sesak dengan orang-orang, tetap pakai masker dan jaga jarak," ujar Kunto Aji.

Ia mengaku mengalami dampak yang signifikan akibat pandemi Covid-19 sejak 2 Maret 2020.

Terlebih, Kunto Aji menyaksikan langsung dampak ini di lingkungan sekitarnya.

Baca juga: Line Up JGTC Festival 2022, Ada Kunto Aji hingga Yura Yunita

"Selain saya, di belakang kan banyak pekerja-pekerja juga, teman-teman wartawan juga, pekerja teknisi dan semuanya itu bergantung pada industri hiburan. Ini memang harus digerakkan lagi. Kayaknya ini sudah saatnya deh," tutur Kunto Aji.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengizinkan konser berskala besar digelar kembali.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat hadir dalam talkshow G20 Indonesia yang diselenggarakan di sela-sela perhelatan Joyland Festival pada Jumat (25/3/2022).

Baca juga: Arawinda Kirana Dengarkan Lagu Rehat Milik Kunto Aji Selama Syuting Film Yuni, Kenapa?

Pernyataan ini merupakan jawaban Jokowi dari pertanyaan komedian Cak Lontong ketika diminta tanggapan soal penyelenggaraan festival berskala besar seperti Joyland Festival.

"Pertunjukan seperti ini (Joyland Festival) sudah diperbolehkan," ucap Jokowi yang disambut tepuk tangan penonton Joyland Bali 2022.

Meski begitu, orang nomor satu di Indonesia itu menyampaikan beberapa syarat untuk menyelenggarakan acara berskala besar.

"Tetapi, dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan dan sudah divaksin dua kali, minimal. Kalau ada tambahan booster, vaksin penguat akan lebih bagus," ucap Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com