Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsy Pakai Behel di Usia 7 Tahun, Ini Kata Ashanty

Kompas.com - 18/02/2022, 15:14 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Baru berusia tujuh tahun, anak perempuan Ashanty dan Anang Hermansyah, Arsy sudah harus memakai behel.

Pemasangan behel di gigi Arsy itu dilakukan karena sebelumnya Arsy memiliki kebiasaan mendorong gigi dengan lidahnya, sehingga gigi bagian atas lebih maju ke depan.

"Dulu dia giginya kecilnya paling rapi banget, tapi setahun dua tahun ini ada giginya yang mau numbuh dimain-mainain, terus kedepan," kata Ashanty dikutip dari YouTube The Hermansyah A6.

Baca juga: Token Asix Disebut Dilarang Diperdagangkan, Ini Penjelasan Ashanty

Arsy awalnya sempat ketakutan, tapi Ashanty berusaha menenangkan putrinya itu dengan menjelaskan seperti apa behel gigi, karena Ashanty dulu juga pernah menggunakannya.

"Ini cuma ditempel kawatnya di gigi kamu, terus nanti dikencengin supaya mundur," jelas Ashanty.

"Hah dikencengin? Itu sakit enggak?" tanya Arsy terkejut sekaligus penasaran.

Namun setelah mendapat penjelasan dari dokter gigi, ternyata jenis behel yang digunakan Arsy berbeda dengan behel pada anak yang sudah berusia belasan tahun atau pada dewasa.

Arsy menggunakan behel yang bisa dilepas pasang. Dan ada dua macam yang digunakan bergantian. 

Satu behel untuk sehari-hari dan satu lagi hanya digunakan saat tidur atau sedang menonton televisi. Behel tersebut bisa dilepas saat makan saja. 

"Arsy enggak bisa pasang yang permanen karena dia masih umur 7 tahun. Ternyata pasang permanen harus di atas umur 9 baru bisa," tutur Ashanty.

"(Kalau permanen) kasihan pertumbuhan gigi yang lain nanti terhambat. Tapi tetap harus dikasih kayak gini," imbuhnya.

Baca juga: Reaksi Ashanty Ketika Arsyi Tiba-Tiba Tanya Arti Honeymoon

Ashanty kemudian berpesan kepada para ibu untuk lebih memperhatikan kebiasaan anak-anak mereka saat memainkan lidah, seperti mendorong gigi ke depan atau ke belakang.

"Dulu gigi susunya rapi banget, aku enggak pernah nyangka dia akan kayak gini giginya, ternyata dia suka lidahnya di dorong-dorong," ucap Ashanty.

"Buat moms yang ada di rumah, perhatiin anaknya supaya jangan sampai nanti udah giginya bagus, tiba-tiba pas pertumbuhan gigi benernya jadi berantakan, karena anak suka gitu-gituin lidahnya, ke depan atau ke dalem," sambungnya.

Meskipun masih merasa tidak nyaman dengan adanya benda asing di dalam mulut, Arsy tidak mempermasalahkannya karena tidak terasa sakit. 

Arsy hanya sempat mengeluh saat ini belum bisa berbicara dengan jelas. 

"Pasti dia enggak nyaman pertama-tamanya, tapi it's okay ya sayang," kata Ashanty. 

"Enggak apa-apa, (cuma) Arsy enggak bisa ngomong jelas banget," ucap Arsy yang kemudian dihibur oleh Ashanty. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com