Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awkwafina Umumkan Mundur dari Twitter Usai Kontroversi Blaccent

Kompas.com - 07/02/2022, 18:31 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber NME

KOMPAS.com- Awkwafina telah keluar dari Twitter setelah menanggapi reaksi atas 'Blaccent'-nya.

Blaccent adalah istilah yang mengacu pada individu non-Kulit Hitam yang mengadopsi suara Hitam, terkait dengan tuduhan penyelewengan budaya.

Dia telah menghadapi kritik karena penggunaan bahasa Inggris Afrika Amerika Vernakular (AAVE).

Terutama dalam perannya baru-baru ini, baik itu sebagai Goh Peik Lin di Crazy Rich Asians dan Constance di Ocean's 8.

Dalam pernyataan panjang yang dibagikan ke platform microblogging pada hari Sabtu (5 Februari), dia mengakui garis tipis antara pelanggaran dan budaya pop.

Di sisi lain dia juga bersikeras bahwa penggunaan dialeknya tidak pernah dimaksudkan untuk mengolok-olok, meremehkan, atau tidak baik kepada orang kulit hitam.

Baca juga: Awkwafina Belajar Memanah dan Drifting demi Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings

"Sebagai POC non-Black, saya berdiri pada kenyataan bahwa saya akan selalu mendengarkan dan bekerja tanpa lelah untuk memahami sejarah dan konteks AAVE, apa yang dianggap tepat atau mundur terhadap kemajuan APAPUN dan SETIAP kelompok yang terpinggirkan," tulisnya.

"Tetapi saya harus menekankan: Untuk mengejek, meremehkan, atau bersikap tidak baik dengan cara apa pun yang mungkin dengan mengorbankan orang lain adalah: Sederhana. Bukan. Alamku. tidak pernah, dan tidak pernah ada," lanjutnya.

Awkwafina melanjutkan untuk menjelaskan mengapa dia merasa suaranya sering membawa aksen itu.

"Latar belakang imigran saya memungkinkan saya untuk mengukir identitas Amerika dari film dan acara TV yang saya tonton, anak-anak saya bersekolah di sekolah umum, dan cinta dan rasa hormat saya yang abadi terhadap hip hop," katanya.

Baca juga: Leher Awkwafina Sempat Terkilir Saat Syuting Film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings

"Saya pikir, sebagai sebuah kelompok, orang Asia-Amerika masih mencoba mencari tahu apa arti perjalanan itu bagi mereka," imbuhnya.

Setelah membagikan pernyataan itu, dia memberi tahu pengikutnya tentang niatnya mundur dari Twitter.

"Untuk penggemar saya, terima kasih karena terus mencintai dan mendukung seseorang yang berharap mereka bisa menjadi orang yang lebih baik untukmu. Saya minta maaf jika saya pernah gagal, dalam apa pun yang saya lakukan. Kamu selalu ada di hati saya," imbuh Awkwafina.

"Saya pensiun dari kuku yang tumbuh ke dalam yaitu Twitter," kata Awkwafina.

"Saya juga memanfaatkan semua media sosial lain yang tidak menyuruh Anda untuk bunuh diri!," ucapnya dalam pesan di Twitter @awkwafina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com