Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Australia Peringatkan Kanye West Harus Divaksinasi Lengkap jika Ingin Konser

Kompas.com - 31/01/2022, 13:52 WIB
Baharudin Al Farisi,
Dian Maharani

Tim Redaksi

Sumber smh.com.au


KOMPAS.com - Perdana Menteri Scott Morrison memperingati Kanye West mengenai bahwa dia harus divaksinasi sepenuhnya jika ingin melanjutkan tur konser di Australia.

Peringatan itu datang setelah visa petenis Novak Djokovic dibatalkan lalu dideportasi karena menganggap vaksin tidak penting.

Meski sempat dibatalkan, Pengadilan Federal kemudian mengesahkan keputusan pemerintah untuk mendeportasinya karena pendirian terhadap vaksinasi menimbulkan risiko bagi kesehatan dan ketertiban masyarakat Australia.

Baca juga: Kanye West Terlihat Mesra dengan Julia Fox di Paris

Kanye West yang secara resmi mengubah namanya menjadi Ye diketahui memiliki serangkaian konser yang direncanakan untuk Maret 2022. Tetapi, status vaksinasinya masih belum jelas.

Pada November 2021, Ye mengaku telah menerima dosis pertama. Namun, dalam wawancara lain, dia menyamakan vaksin dengan pekerjaan iblis.

Morrison pun secara blak-blakan memberikan pesan dan menyatakan, aturannya adalah Ye harus divaksinasi sepenuhnya.

Baca juga: Kanye West Jadi Tersangka Kasus Dugaan Pemukulan

“Berlaku untuk semua orang seperti yang telah dilakukan aturan, (baru) Anda bisa datang. Jika Anda tidak mengikuti aturan, Anda tidak bisa," tegas Morrison seperti dilansir Kompas.com dari SMH, Senin (31/1/2022).

Sebelumnya, Menteri Perdagangan dan Pariwisata Dan Tehan mengatakan keputusan akan memberikan visa kepada Ye berada di tangan Menteri Imigrasi Alex Hawke.

Tetapi, Den Tehan menegaskan, semua pemohon yang ingin masuk ke Australia harus mematuhi aturan yang berlaku.

Baca juga: Kim Kardashian Sebut Tak Ada Alasan Pertahankan Pernikahan dengan Kanye West

“Menteri Imigrasi akan membuat keputusan tentang ini seperti yang dia lakukan pada semua visa dan itu akan sangat banyak dilakukan dengan ketekunan yang tepat," ucap Dan Tehan.

"Keputusan yang diambil menunjukkan bahwa dia perlu menerapkan sesuai dengan aturan, sama seperti semua orang," kata Dan Tahan lagi.

Sementara, Menteri Kesehatan Victoria Martin Foley mengatakan Kanye dipersilakan datang ke Australia, tetapi harus tunduk dengan aturan seperti tokoh global lainnya.

"Seperti yang kita semua tahu, visa adalah urusan persemakmuran. Terus terang, saya tidak tahu status vaksinasi West. Tetapi, tampakan West mengklaim telah divaksinasi," ucap Foley.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com