Kompas.com - 28/01/2022, 15:30 WIB
Penulis Firda Janati
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang perfilman masih perlu ditingkatkan.

Hal itu diucapkan Sri Mulyani saat berbincang-bincang dengan aktor sekaligus Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI).

"Reza cerita tantangan-tantangan membangun industri perfilman nasional yang perlu didukung oleh semua pihak. Potensi film Indonesia luar biasa, harus bisa dikembangkan maksimal," tulis Sri Mulyani seperti dikutip Kompas.com dari akun Instagram @smindrawati, Jumat (28/1/2022).

"Namun kualitas Sumber Daya Manusia Perfilman masih perlu ditingkatkan," tambahnya.

Baca juga: Reza Rahadian Ceritakan di Balik Layar Adegan Surat Raya di Layangan Putus

Menurut Sri Mulyani, pemerintah harus mendukung perkembangan pekerja seni film yang masih kurang melalui program pendidikan.

"Penulis scripts masih terbatas, pemerintah bisa mendukung perkembangan SDM kreatif perfilman melalui program pendidikan dan beasiswa," tulisnya.

Dari hasil perbincangan dengan Reza, Sri Mulyani mengetahui bahwa adanya ketidaksetaraan antara pekerja film laki-laki dengan perempuan.

"Pekerja film perempuan yang masih belum mendapat imbalan yang setara dengan rekan laki-laki, dan juga mengenai kesejahteraan dan perlindungan pekerja film," tulisnya.

Baca juga: Graciella Abigail, Pemeran Raya di Layangan Putus Ungkap Rasa Kagum pada Reza Rahadian

Namun demikian, Sri Mulyani senang mendengar industri film kembali bangkit setelah terpuruk hampir dua tahun akibat pandemi.

"Saya senang mendengar dunia perfilman sudah mulai pulih, bioskop sudah mulai bangkit setelah terpukul Pandemi Covid-19," tulis Sri Mulyani.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.