Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngobrol Bareng Reza Rahadian, Sri Mulyani Sebut Kualitas SDM Perfilman Perlu Ditingkatkan

Kompas.com - 28/01/2022, 15:30 WIB
Firda Janati,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang perfilman masih perlu ditingkatkan.

Hal itu diucapkan Sri Mulyani saat berbincang-bincang dengan aktor sekaligus Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI).

"Reza cerita tantangan-tantangan membangun industri perfilman nasional yang perlu didukung oleh semua pihak. Potensi film Indonesia luar biasa, harus bisa dikembangkan maksimal," tulis Sri Mulyani seperti dikutip Kompas.com dari akun Instagram @smindrawati, Jumat (28/1/2022).

"Namun kualitas Sumber Daya Manusia Perfilman masih perlu ditingkatkan," tambahnya.

Baca juga: Reza Rahadian Ceritakan di Balik Layar Adegan Surat Raya di Layangan Putus

Menurut Sri Mulyani, pemerintah harus mendukung perkembangan pekerja seni film yang masih kurang melalui program pendidikan.

"Penulis scripts masih terbatas, pemerintah bisa mendukung perkembangan SDM kreatif perfilman melalui program pendidikan dan beasiswa," tulisnya.

Dari hasil perbincangan dengan Reza, Sri Mulyani mengetahui bahwa adanya ketidaksetaraan antara pekerja film laki-laki dengan perempuan.

"Pekerja film perempuan yang masih belum mendapat imbalan yang setara dengan rekan laki-laki, dan juga mengenai kesejahteraan dan perlindungan pekerja film," tulisnya.

Baca juga: Graciella Abigail, Pemeran Raya di Layangan Putus Ungkap Rasa Kagum pada Reza Rahadian

Namun demikian, Sri Mulyani senang mendengar industri film kembali bangkit setelah terpuruk hampir dua tahun akibat pandemi.

"Saya senang mendengar dunia perfilman sudah mulai pulih, bioskop sudah mulai bangkit setelah terpukul Pandemi Covid-19," tulis Sri Mulyani.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com