Kompas.com - 19/01/2022, 16:04 WIB
Dorce Gamalama saat berkunjung ke kantor Ashanty. YouTube The Hermansyah A6Dorce Gamalama saat berkunjung ke kantor Ashanty.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menderita penyakit diabetes, pembawa acara Dorce Gamalama mengalami demensia alzheimer.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh sahabat Dorce Gamalama, Ira Safira, saat ditemui di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Rabu (19/1/2022).

"Seperti saya bilang, beliau itu dapat demensia alzheimer. Itu kan recovery-nya lama. Jadi, daya ingatnya kadang on, kadang off," ungkap Ira.

Baca juga: Sahabat Bantah Dorce Gamalama Alami Kesulitan Ekonomi akibat Sakit

Alzheimer merupakan penyakit yang memengaruhi ingatan, pemikiran, dan tingkah laku seseorang. Alzheimer kerap disebut penyakit pikun.

Walau begitu, Ira memastikan Dorce tidak sepenuhnya hilang ingatan karena dia bisa mengenal kembali setelah diberitahu.

"Kalau kita ingatinnya lama, dia akan kenal. Bukan dia sama sekali enggak kenal orang, kenal semua, dia kenal," ujar Ira.

Sahabat Dorce Gamalama yang lain, Hetty Soendjaya pun mengungkapkan kondisi terkini sang pembawa acara tersebut.

Baca juga: Kondisi Membaik, Dorce Gamalama Ziarah ke Makam Pemuka Agama di Jawa Timur

Hetty menyebut, kondisi Dorce sudah berangsur membaik dan bahkan keadaan fisiknya jauh lebih bagus dibandingkan sebelumnya.


"Keadaan beliau sekarang ini sudah lebih baik, sudah bisa merespon, sudah bisa ngobrol, sudah bisa ketemu sama teman-teman walau step by step 2, 3, 4 orang, enggak bisa lebih dari segitu," kata Hetty.

"Karena Bunda juga tidak bisa lihat banyak orang, kayak bingung gitu lho, tapi lebih baik. Cuma, yang dikeluhkan itu kaki saja, sebelah kanan, kalau kiri masih bisa ngangkat," ungkap Hetty melanjutkan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.