Kompas.com - 14/01/2022, 13:56 WIB

KOMPAS.com - Sebuah kopi majalah komik Action Comics No. 1 terjual dalam acara lelang seharga 3,18 juta dollar AS atau sekitar Rp 45 miliar, Kamis (13/1/2021).

Catatan ini menjadikannya sebagai komik keempat yang pernah dijual dengan harga fantastis.

Action Comics No. 1 yang dirilis tahun 1938 dianggap sebagai salah satu komik terpenting sepanjang sejarah.

Di dalamnya, komikus Jerry Siegl dam Joe Shuster memperkenalkan Superman, karakter yang mengawali genre superhero.

Kopi yang dimiliki oleh DC Comics dinamai The Rocket Copy gara-gara cap bergambar roket yang disematkan seorang bocah 13 tahun yang membelinya di sebuah kios komik pada 1938.

Hasil lelang Action Comics No. 1 hanya kalah dari kopi Amazing Fantasy No. 15 yang terjual dengan harga 3,6 juta dollar AS (Rp 51 miliar) pada September 2021.

Sebagai informasi, karakter Spider-Man diperkenalkan oleh Stan Lee dan Steve Ditko di Amazing Fantasy No. 15 yang terbit pada Agustus 1962.

Ini adalah kali pertama Action Comics No. 1 terjual secara lelang.

Goldin, sebuah pasar yang menjual barang-barang koleksi, berhasil mendapatkannya untuk seorang pembeli yang dirahasiakan.

"Ini adalah bidding dan kemenangan yang menyenangkan untuk mendapatkan satu item dengan harga Rp 45 miliar. Saya tahu ini akan menjadi kemenangan terindah!" tulis Ken Goldin dalam Twitternya.

Penjualan komik-komik langka memang mulai diminati selama pandemi Covid-19.

Koleksi langka komik menjadi barang yang bernilai tinggi terutama ketika memunculkan satu tokoh besar seperti Superman dan Spider-Man.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.