Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medina Zein Ditetapkan Jadi Tersangka dan Akui Siap Jalani Proses Hukum

Kompas.com - 06/01/2022, 07:22 WIB
Baharudin Al Farisi,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Medio September 2021, selebgram Marrisya Icha melaporkan Medina Zein ke Polda Metro Jaya atas kasus dugaan pencemaran nama baik dan penghinaan.

Perseteruan mereka berawal dari Medina Zein yang diduga menjual tas branded palsu ke sejumlah figur publik Tanah Air, termasuk Marrisya Icha.

Merasa tas tersebut tidak orisinal, Marrisya Icha meminta agar Medina Zein mengembalikan uang yang telah ditransfer.

Namun, Marrisya Icha mengklaim malah mendapatkan dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik dari Medina Zein melalui media elektronik.

Beirkut perkembangan kasusnya dirangkum Kompas.com

Tersangka

Setelah menjalani serangkaian proses hukum, penyidik Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menetapkan Medina Zein sebagai tersangka.

Baca juga: Medina Zein Jadi Tersangka Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik Marissya Icha

Penetapan tersangka tersebut dikonfirmasi oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan.

"Terkait Medina Zein atas laporan Marrisya Icha, pada hari ini Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya telah menetapkan Medina Zein sebagai tersangka terkait pencemaran nama baik," ujar Zulpan di Polda Metro Jaya, Rabu (5/1/2022).

Restorative justice

Sebelum menerbitkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP), penyidik sudah melaksanakan restorative justice atau upaya damai untuk kedua belah pihak.

Kendati demikian, dalam mediasi tersebut tidak ditemukan titik terang sehingga Marrisya Icha melanjutkan langkah hukumnya.

"Sudah dilakukan upaya mediasi kepada mereka. Namun, ternyata tidak terdapat jalan perdamaian di situ sehingga kasus berlanjut dan hari ini penyidik menetapkan Medina sebagai tersangka," tegas Zulpan.

Baca juga: Jadi Tersangka Pencemaran Nama Baik, Medina Zein: Enggak Masalah...

Tanggapan Medina Zein

Medina Zein angkat bicara soal penetapan tersangka di Polda Metro Jaya terkait kasus penghinaan dan pencemaran nama baik terhadap Marrisya Icha.

Medina Zein menegaskan, ia bakal menjalani dan menghargai segala proses hukum yang ditetapkan penyidik terhadap dirinya.

“Aku enggak masalah sama sekali, menghargai proses hukum, siap dengan semuanya,” ungkap Medina saat ditemui di Polda Metro Jaya, Rabu.

Dengan begitu, Medina Zein juga menegaskan bakal melewati semua ini dengan perilaku kooperatif terhadap proses hukum.

“Aku akan menghadiri semuanya,” kata Medina Zein.

Baca juga: Sejumlah Kasus Hukum yang Jerat Medina Zein Selama 3 Tahun Terakhir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com