Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2021, 18:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah berhasil ditayangkan di 62 negara, serial animasi KIKO kini memperluas jangkauan pasar global ke Jepang.

Menyambut hal ini, serial yang menyuguhkan kombinasi animasi CGI dan Live Action itu menayangkan episode terbaru bertema KIKO in Japan.

Menceritakan petualangan Kiko dan teman-temannya di Tohoku, Jepang, dengan mengunjungi sejumlah wisata hingga mencicipi hidangan khas setempat.

Baca juga: Serial Animasi Hafiz dan Hafizah Bakal Tayang di 17 Negara

CEO MNC Animation, Liliana Tanoesoedibjo, mengungkapkan, ini merupakan hasil kerja sama MNC Licensing dengan Yamagata Broadcasting & Tohoku Inbound Association.

Liliana mengharapkan, dengan adanya kerja sama ini, serial KIKO dapat menyapa penonton di Asia, khususnya Jepang.

“Kami terus menjaga kualitas dan eksistensi KIKO dengan kreativitas dan cerita-cerita menarik yang selalu memberikan inspirasi," kata Liliana dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Film Animasi Oramon: Misi Penyelamatan Komodo Dragon Segera Diproduksi

"Setelah berhasil membawa animasi KIKO ditayangkan di 63 negara di dunia, kami bertekad selalu aktif berkarya, untuk memberikan sumbangsih terbaik kepada perkembangan dan pecinta animasi dunia," ucapnya lagi.

Sebagai informasi, sejak pertama kali dirilis pada Februari 2016, KIKO kini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Spanyol, Brasil, dan Portugis.

Sementara, 63 negara termasuk Jepang yang menayangkan KIKO, terdiri dari Amerika Serikat, 11 negara SEA, Korea, Inggris, 25 negara Amerika Latin, 10 negara Afrika, dan 14 negara Timur Tengah.

Baca juga: Tayang Tahun Depan, Film Animasi Strange World Rilis Tampilan Perdana

Berbagai penghargaan sudah KIKO raih, seperti Best Children’s Programme di Asian Academy Creative Awards 2019 dan dinominasikan sebagai Best 3D Animated Programme di Asian Television Awards 2019.

Pada 2020, KIKO memenangi kategori Best Animated Program or Series (2D or 3D) di Asian Academy Creative Awards.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+