Kompas.com - 05/12/2021, 10:01 WIB
Pemusik Idang Rasjidi tampil pada acara Jazz on the Beach di Marina Bay, Parai Beach Resort, Sungailiat, Bangka Belitung, Jumat (23/11/2012) malam. Kiprah Idang, yang merupakan pria kelahiran Bangka Belitung, di dunia jazz telah mengharumkan nama daerah kelahirannya. BANGKA POS/RESHA JUHARIPemusik Idang Rasjidi tampil pada acara Jazz on the Beach di Marina Bay, Parai Beach Resort, Sungailiat, Bangka Belitung, Jumat (23/11/2012) malam. Kiprah Idang, yang merupakan pria kelahiran Bangka Belitung, di dunia jazz telah mengharumkan nama daerah kelahirannya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air atas meninggalnya musisi jazz Idang Rasjidi.

Menurut papan pengumuman rumah duka, Idang Rasjidi bakal dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada hari ini, Minggu (5/12/2021).

Sementara, kabar duka ini pertama kali diwartakan oleh putra Idang Rasjidi, Shadu Rasjidi, melalui akun Instagram-nya.

"Innalillahi wa inailaihi rajiun, telah meninggal dunia Ayahanda kami tercinta Chaidar Idang Rasjidi, pukul 23.35 di RS Azra Bogor," tulis Shadu seperti dikutip Kompas.com dari akun @shadu_rasjidi, Minggu (5/12/2021).

Baca juga: Kenang Idang Rasjidi, Tompi: Selamat Berpulang, Sang Pencipta Nada-nada

"Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau semasa hidup dan mohon doa agar mendapatkan tempat yang terbaik disisi Allah. Amin..," lanjut Shadu.

Pada Kamis (2/12/2021), Idang Rasjidi dikabarkan harus menjalani tindakan amputasi.

Menurut salah seorang kerabatnya, Jilly Likumahuwa, Idang mengalami komplikasi beberapa penyakit.

"Sakitnya banyak. Rupa-rupa warnanya. Jadi dia mengalami komplikasi. Masih banyak yang harus dilihat untuk diambil tindakannya," kata Jilly kepada Kompas.com, Kamis.

Namun Jilly tidak mengungkapkan bagian tubuh Idang yang akan diamputasi.

Baca juga: Musisi Idang Rasjidi Meninggal Dunia

"Betul, tindakannya itu amputasi. Tapi harus memenuhi kriteria dulu untuk menyelamatkan melalui amputasi," ucap Jilly.

Idang Rasjidi dilahirkan dilahirkan pada 26 April 1958.

Dia dikenal sebagai salah satu pianis jazz terbaik Indonesia.

Idang juga memiliki kemampuan menirukan bunyi berbagai alat musik seperti trompet dan trombone, juga perkusi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.