Kompas.com - 27/11/2021, 10:29 WIB
Para member BTS (dari kiri) V, Jungkook, RM, Jin, Suga, Jimin, dan J-Hope menunjukkan paspor diplomatik yang mereka terima dari Presiden Korea Selatan Moon Jae In di Kantor Kepresidenan, Selasa (14/9/2021). Twitter BTS Big HitPara member BTS (dari kiri) V, Jungkook, RM, Jin, Suga, Jimin, dan J-Hope menunjukkan paspor diplomatik yang mereka terima dari Presiden Korea Selatan Moon Jae In di Kantor Kepresidenan, Selasa (14/9/2021).

KOMPAS.com - Para personel grup musik BTS dikabarkan telah mengajukan penangguhan pendaftaran militer hingga usia mereka 30 tahun.

Kabar tersebut muncul setelah Majelis Nasional Korea membahas revisi Undang-Undang Dinas Militer yang memungkinkan artis pop berprestasi menangguhkan pendaftaran wajib militer hingga usia 30 tahun.

Prestasi itu diganjar dengan penghargaan bidang kebudayaan pemerintah Korea Selatan yakni Hwagwan Order of Cultural Merit.

Baca juga: SoFi Stadium Disulap Jelang Konser BTS Permission to Dance On Stage

Dilansir Koreaboo, BTS mendapatkan izin menunda wajib militernya ini karena mereka mendapat penghargaan Hwagwan Order of Cultural Merit.

Sebagai informasi, Hwagwan Order of Cultural Merit merupakan penghargaan tertinggi dan diterima oleh hanya beberapa orang saja dalam lima puluh tahun terakhir dan BTS salah satunya.

Menurut Arirang, tanpa permohonan tersebut, Jin yang lahir pada 4 Desember 1992, harus mendaftar wamil pada bulan depan.

Baca juga: Soal Wamil, BTS Dilaporkan Bisa Tunda Pendaftaran hingga Tahun Depan

Karena itu Jin bisa aktif kembali sebagai BTS hingga ulang tahunnya yang ke-30 pada Desember 2022.

Untuk diketahui, pada umumnya, pria di Korea Selatan mendaftarkan diri untuk mengikuti wajib militer ketika usia mereka menginjak 28 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.