Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketujuh Personel BTS Ajukan Permohonan Penangguhan Wajib Militer

Kompas.com - 27/11/2021, 10:29 WIB
Baharudin Al Farisi,
Kistyarini

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para personel grup musik BTS dikabarkan telah mengajukan penangguhan pendaftaran militer hingga usia mereka 30 tahun.

Kabar tersebut muncul setelah Majelis Nasional Korea membahas revisi Undang-Undang Dinas Militer yang memungkinkan artis pop berprestasi menangguhkan pendaftaran wajib militer hingga usia 30 tahun.

Prestasi itu diganjar dengan penghargaan bidang kebudayaan pemerintah Korea Selatan yakni Hwagwan Order of Cultural Merit.

Baca juga: SoFi Stadium Disulap Jelang Konser BTS Permission to Dance On Stage

Dilansir Koreaboo, BTS mendapatkan izin menunda wajib militernya ini karena mereka mendapat penghargaan Hwagwan Order of Cultural Merit.

Sebagai informasi, Hwagwan Order of Cultural Merit merupakan penghargaan tertinggi dan diterima oleh hanya beberapa orang saja dalam lima puluh tahun terakhir dan BTS salah satunya.

Menurut Arirang, tanpa permohonan tersebut, Jin yang lahir pada 4 Desember 1992, harus mendaftar wamil pada bulan depan.

Baca juga: Soal Wamil, BTS Dilaporkan Bisa Tunda Pendaftaran hingga Tahun Depan

Karena itu Jin bisa aktif kembali sebagai BTS hingga ulang tahunnya yang ke-30 pada Desember 2022.

Untuk diketahui, pada umumnya, pria di Korea Selatan mendaftarkan diri untuk mengikuti wajib militer ketika usia mereka menginjak 28 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com