Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Film Finalis Kompro 2021 Akan Ditayangkan di JAFF dan Indonesiana Tv

Kompas.com - 24/11/2021, 17:49 WIB
Ady Prawira Riandi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepuluh film finalis Kompetisi Produksi (Kompro) 2021 akan ditayangkan di JAFF dan Indonesiana Tv.

Hal itu dipastikan oleh Ahmad Mahendra selaku Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

"Selain tayang perdana di JAFF, film-film ini juga akan ditayangkan di Indonesiana Tv," kata Ahmad dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/11/2021).

Sebelumnya, Kemendikbud Ristek telah memastikan 10 proposal film pendek terpilih akan mendapat dukungan penuh baik dari segi produksi hingga distribusi.

Kompetisi ini memang menjadi langkah Kemendikbud Ristek untuk menggali potensi-potensi sineas muda yang selama ini tersembunyi.

Dari segi distribusi, penayangan perdana di JAFF diharapkan bisa membuka peluang film-film terpilih ini masuk ke beberapa festival film dunia lainnya.

"Ke depannya ini jadi upaya kami untuk memperbanyak karya dari Indonesia di luar negeri," kata Ahmad Mahendra.

Selain itu, Kompro Film tahun 2021 diselenggarakan untuk memperkuat ekosistem perfilman melalui kreasi dan produksi dengan mengusung tema “Dinamika Kebudayaan Indonesia” sebagai upaya pelestarian nilai-nilai budaya dan kearifan lokal melalui film pendek.

Dari total 352 proposal yang masuk, Kemendikbud Ristek telah mengkurasi dan memilih 10 film pendek dan difasilitasi sepenuhnya untuk diproduksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com