Kompas.com - 01/11/2021, 20:32 WIB
YouTube Atta Halilintar YouTube Rhoma Irama OfficialYouTube Atta Halilintar
Penulis Firda Janati
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - YouTuber Atta Halilintar memberi pesan kepada kaum muda yang masih mengenyam pendidikan di sekolah ataupun di bangku kuliah.

Saat berbincang dengan Rhoma Irama dalam konten "Bisikan Rhoma", Atta bercerita tentang pendidikannya yang hanya bisa sampai SMP.

Keterbatasan biaya menjadi penyebab utama suami Aurel Hermansyah itu putus sekolah dan akhirnya bekerja sejak usia 13 tahun.

Baca juga: Pernah Hidup Susah, Atta Halilintar Sampai Tak Bisa Tebus Ijazah

Karena itu, Atta berpesan agar anak muda yang kini masih bersekolah ataupun kuliah bisa lebih bersyukur.

"Kalau sekolah sudah disekolahin orangtua, bersyukur saja karena itu mimpiku dari dulu pengin banget sekolah, pengin banget kuliah," ujar Atta Halilintar dikutip dari kanal YouTube Rhoma Irama Official, Minggu (31/10/2021).

"Kalau ada yang masih bisa dikuliahin orangtuanya, kamu harus bersyukur, hargai, balas jasa mereka (orangtua)," sambungnya.

Baca juga: Awal Berdagang tanpa Modal, Atta Halilintar: Work Hard dan Pray Hard

Rhoma lalu menambahkan, ilmu tetap menjadi basic utama untuk mencari pekerjaan di masa depan.

"Kalau Atta tidak sekolah itu bukan karena dia tidak mau, tapi karena situasi dan kondisi beliau sehingga dia tidak dapat melanjutkan sekolah," ujarnya.

Sependapat dengan Rhoma Irama, Atta berharap kaum muda bisa sukses dengan bekal ilmu yang didapat selama bersekolah hingga sarjana.

Baca juga: Kerja dari Usia 13 Tahun, Atta Halilintar: dari Terpaksa Jadi Terbiasa

"Untuk yang misalnya 'Bang, saya sekolahnya enggak tinggi' jangan berkecil hati, intinya semua orang dilahirkan, dikasih Tuhan napas yang sama, dikasih tangan dan kaki, itu modal kita," ujarnya.

Walaupun segalanya butuh uang, kata Atta, modal utama meraih kesuksesan bukan tergantung dengan berapa harta yang dimiliki.

"Bukan apa-apa uang, walaupun segalanya butuh uang. Bukan berarti apa-apa kamu mulai harus tunggu punya uang. Kalau kamu punya kemauan, punya mindset kamu kerja dan fokus, jalan ada dari mana saja," ujarnya.

"Kalau kamu mau, akan ada seribu jalan. Tapi kalau kamu enggak mau, akan ada seribu alasan," pungkas Atta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.