Kompas.com - 28/10/2021, 11:34 WIB
usai konferensi persTrio produser musik Laleilmanino usai konferensi pers dokumenter SVARA di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/10/2021). KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUSusai konferensi persTrio produser musik Laleilmanino usai konferensi pers dokumenter SVARA di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/10/2021).
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Trio produser musik Laleilmanino terlibat dalam film dokumenter SVARA "Perjalanan Bermakna di Balik Nada".

Dalam film dokumenter itu mereka melakukan perjalanan ke empat kota, yakni, Bali, Yogyakarta, Cirebon, dan Jakarta.

Mereka bertemu sejumlah seniman lokal di sana dan mempelajari kesenian-kesenian yang mungkin belum terekspos selama ini.

Baca juga: Ulang Tahun ke-6, JOOX Indonesia Luncurkan Dokumenter SVARA Bersama Laleilmanino

"Sejak perjalanan ini kita jadi makin sadar bahwa bukan tidak mungkin unsur budaya bisa masuk ke ranah musik populer," kata Nino usai konferensi pers SVARA di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/10/2021).

Nino menambahkan, ke depannya sangat mungkin bagi Laleilmanino untuk membuat proyek menggunakan suara dari alat-alat musik daerah dalam kebutuhan musik populer.

Setelah melalui perjalanan itu Laleilmanino juga ingin mengunjungi daerah lainnya di Tanah Air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilman menyebutkan Kota Padang yang menjadi incaran mereka selanjutnya.

Baca juga: Sederet Artis Tercengang Lihat Arif Muhammad Joget Lagu Sayang dari Baso Aci Akang X Laleilmanino

"Padang musiknya seru banget, Sumatera Barat. Ada saluang, gitu-gitu. Mungkin berangkat dari situ dulu," tutur Nino menimpali.

Laleilmanino menciptakan empat lagu, hasil berkolaborasi dengan empat musisi Indonesia dan memasukkan unsur alat musik tradisional.

Bersama Baila Fauri yang bermukim di Bali, Laleilmanino membuat lagu "Kita Bukan Mereka".

Baca juga: JOOX Artist of the Month, dari Anneth Delliecia hingga Mahalini

Lalu ada "100 (Satu Kosong Kosong)" berduet dengan HIVI!, "Lukisan Kaca" bersama Rizky Febian, dan yang terakhir ada lagu "Jakarta" bersama Diskoria Selekta.

Seluruh episode dokumenter SVARA “Perjalanan Bermakna di Balik Nada” dapat disaksikan mulai tanggal 5 November 2021 melalui fitur JOOX Live.

Sedangkan empat lagu itu akan dirilis secara berkala setiap minggunya mulai tanggal 8 November 2021 secara eksklusif di aplikasi JOOX.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.