Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Weibo Hapus Akun Zhang Zhehan Usai Terseret Kontroversi Kuil Yasukuni

Kompas.com - 17/08/2021, 17:03 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Platform media sosial China resmi menghapus akun Weibo aktor China, Zhang Zhehan.

Tindakan ini diambil setelah beberapa foto lamanya di dua kuil Jepang ketika menghadiri pernikahan temannya, ramai beredar di Weibo.

Sina Weibo dalam pernyataannya mengatakan, sebagai figur publik dengan banyak penggemar, pengetahuan sejarah harus menjadi standar etika profesional dasar yang harus mereka patuhi.

"Sebagai figur publik dengan banyak penggemar, memiliki pengetahuan tentang sejarah harus menjadi standar etika profesional dasar yang harus mereka patuhi," kata Sina Weibo dalam pernyataannya dikutip dari CNA.

Baca juga: Dinilai Tak Patriotik Usai Unggah Foto Ini, Aktor China Zhang Zhehan Terancam Diboikot

Platform musik China NetEase Cloud Music dan QQ Music menghapus lagu-lagu Zhang pada Minggu malam.

Situs streaming China Youku juga menghapus nama Zhang dari daftar pemeran drama TV Word of Honor.

Platform berbagi video, Douyin juga mengumumkan telah menghapus akun Zhang karena perilakunya dinilai berbahaya dan berdampak negatif pada masyarakat, terutama kaum muda.

Pelarangan akun Zhang di berbagai platform media sosial China itu terjadi setelah Asosiasi Seni Pertunjukan China (CAPA) pada hari Minggu mendesak untuk melarang Zhang dalam pekerjaan apa pun.

"Kelakuan buruk aktor Zhang Zhehan sangat menyakiti perasaan bangsa dan membawa pengaruh buruk bagi penonton kelompok usia mudanya," kata asosiasi itu.

"Oleh karena itu, kami menuntut anggota untuk tidak melibatkannya dalam pekerjaan apa pun," kata asosiasi itu, Minggu (15/8/2021).

Diberitakan sebelumnya, foto-foto yang ditampilkan di media sosial menunjukkan Zhang berpose di kuil Yasukuni pada tahun 2018, yang menghormati beberapa penjahat perang terburuk di Jepang.

Kuil Yasukuni, oleh negara-negara tetangga Jepang dilihat sebagai simbol militerisme masa lalu negara tersebut, dan tetap menjadi titik nyala ketegangan dengan China.

Kuil itu menghormati korban perang Jepang, termasuk 14 pemimpin Perang Dunia II yang dihukum oleh pengadilan Sekutu sebagai penjahat perang.

Cina, yang diduduki oleh Jepang dari tahun 1937 sampai 1945, tersinggung dengan kunjungan Zhang ke kuil itu.

Selain foto di kuil Yasukuni, ada juga foto Zhang menghadiri pernikahan temannya di Kuil Nogi.

Kuil Nogi adalah kuil terkenal yang menghormati perwira militer kekaisaran Jepang yang menyerbu China selama Perang Dunia II.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com