Kompas.com - 30/07/2021, 13:13 WIB
Pianis dan komposer Abram Lembono. ISTPianis dan komposer Abram Lembono.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pianis dan komposer Abram Lembono (31) menerapkan metode pembelajaran piano Indonesia kepada para siswa di Amerika Serikat.

Lulusan Berklee College of Music di Boston ini mengajarkan metode uniknya pada imitasi gong-piano gamelan. Gamelan adalah alat musik tradisional asal Indonesia.

"Misi saya sebagai seniman adalah untuk mempromosikan tradisi musik Indonesia secara global. Saya sangat senang bisa menciptakan metode pengajaran yang benar-benar menonjolkan warna Indonesia," ujar Abram dalam keterangan tertulis, Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Saatnya Pianis Muda Beraksi dalam Year End Concert 2018

Abram yang mempelopori dan menjalankan program musik inovatif bernama “Atmosphere” di Universitas Pelita Harapan, membawakan berbagai gong Gamelan Indonesia ke kelasnya dan membandingkannya dengan piano.

Abram mengajarkan murid-muridnya untuk memainkan ritme pada badan piano dan menangani senar dengan tangan kiri. Kemudian dia memainkan nada pada piano dengan tangan kanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah pindah ke Amerika Serikat untuk belajar di Berklee College of Music, Abram mempresentasikan metode pengajaran bahasa Indonesianya yang inovatif di Boston dan New York.

Baca juga: Sambut Joey Alexander, 9 Pianis Muda Unjuk Kebolehan

"Saya sangat senang sekarang bekerja dengan anak-anak kecil. Begitu saya membuat 'benturan' ini sebagai bagian dari pelajaran, begitu saya membawa gong, mereka mulai merasa bahwa mereka diizinkan untuk sepenuhnya melepaskan kreativitas mereka, dan belajar piano dengan sukacita dan rasa ingin tahu," ujar dia.

Abram adalah pengajar piano di Merry Melody Music Academy, sekolah musik terkenal yang dipimpin oleh Vivian Tsang, seorang musisi dan mantan Presiden Asosiasi Guru Musik Massachusetts ( MMTA).

Abram juga gabung di label musik Warner Music Indonesia dan pernah tampil di Jakarta International Java Jazz Festival.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.