Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Hari Anak Nasional, KG Media Luncurkan Podcast Dongeng Pilihan Orangtua

Kompas.com - 27/07/2021, 14:44 WIB
Baharudin Al Farisi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli kemarin, KG Media bersama media anak meluncurkan kanal berisikan konten berbasis audio melalui platform siniar (podcast) yaitu Dongeng Pilihan Orangtua.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (27/7/2021), disebutkan konten tersebut untuk memberi solusi agar anak, orangtua, dan juga pendidik bisa mendapatkan sumber hiburan yang edukatif dan berkualitas.

Project Manager Medio Sulyana Andikko menambahkan kehadiran konten tersebut di tengah pandemi Covid-19 ini relatif tidak posesif dengan panca indera karena berbasis audio.

"Sehingga harapannya bisa menemani hari-hari keluarga maupun profesional di rumah saja, yang bagi sebagian dari kita mungkin terasa menjenuhkan," kata Sulyana Andikko, Rabu (27/7/2021).

Editor in Chief Children Media Grid Network Lucia Triundari mengatakan keberadaan siniar ini diharapkan menjadi solusinya untuk beberapa pihak.

Sebab, siniar ini dapat dioptimalkan bagi orangtua maupun guru sebagai suplemen bahan ajar di tengah situasi pandemi.

"Dengan adanya podcast ini, akan menjadi salah satu alat bagi orangtua atau guru dalam mencari ide cerita untuk menyisipkan nilai atau pelajaran-pelajaran yang ingin disampaikan pada anak,” kata Lucia.

Dia menambahkan konten tersebut terutama untuk guru taman kanak-kanak (TK) yang dituntut bisa bercerita dan mendongeng agar anak-anak tidak bosan ketika belajar.

"Atau ketika orangtua bersama anaknya dapat mendengarkan dongeng ini bersama-sama sehingga terjadilah komunikasi antara orangtua dengan anak ketika membicarakan dongeng,” imbuh Lucia.

Hal inilah yang juga mendorong KG Media memilih nama kanal siniar Dongeng Pilihan Orangtua dengan harapan para orangtua dapat mendampingi anak-anak ketika mendengarkan dongeng.

Tujuannya adalah agar orangtua dapat membantu menceritakan atau menjelaskan hal-hal yang sulit dipahami atau menimbulkan pertanyaan dari anak.

Selain itu, mendengarkan dongeng melalui audio dapat meningkatkan kemampuan kognitif karena merangsang daya imajinasi anak dan mendukung mereka untuk menjadi lebih kreatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com