Kompas.com - 27/07/2021, 14:44 WIB
KG Media bersama media anak meluncurkan kanal berisikan konten dongeng berbasis audio melalui platform siniar (podcast), yaitu Dongeng Pilihan Orangtua. KG MediaKG Media bersama media anak meluncurkan kanal berisikan konten dongeng berbasis audio melalui platform siniar (podcast), yaitu Dongeng Pilihan Orangtua.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli kemarin, KG Media bersama media anak meluncurkan kanal berisikan konten berbasis audio melalui platform siniar (podcast) yaitu Dongeng Pilihan Orangtua.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (27/7/2021), disebutkan konten tersebut untuk memberi solusi agar anak, orangtua, dan juga pendidik bisa mendapatkan sumber hiburan yang edukatif dan berkualitas.

Project Manager Medio Sulyana Andikko menambahkan kehadiran konten tersebut di tengah pandemi Covid-19 ini relatif tidak posesif dengan panca indera karena berbasis audio.

"Sehingga harapannya bisa menemani hari-hari keluarga maupun profesional di rumah saja, yang bagi sebagian dari kita mungkin terasa menjenuhkan," kata Sulyana Andikko, Rabu (27/7/2021).

Editor in Chief Children Media Grid Network Lucia Triundari mengatakan keberadaan siniar ini diharapkan menjadi solusinya untuk beberapa pihak.

Sebab, siniar ini dapat dioptimalkan bagi orangtua maupun guru sebagai suplemen bahan ajar di tengah situasi pandemi.

"Dengan adanya podcast ini, akan menjadi salah satu alat bagi orangtua atau guru dalam mencari ide cerita untuk menyisipkan nilai atau pelajaran-pelajaran yang ingin disampaikan pada anak,” kata Lucia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menambahkan konten tersebut terutama untuk guru taman kanak-kanak (TK) yang dituntut bisa bercerita dan mendongeng agar anak-anak tidak bosan ketika belajar.

"Atau ketika orangtua bersama anaknya dapat mendengarkan dongeng ini bersama-sama sehingga terjadilah komunikasi antara orangtua dengan anak ketika membicarakan dongeng,” imbuh Lucia.

Hal inilah yang juga mendorong KG Media memilih nama kanal siniar Dongeng Pilihan Orangtua dengan harapan para orangtua dapat mendampingi anak-anak ketika mendengarkan dongeng.

Tujuannya adalah agar orangtua dapat membantu menceritakan atau menjelaskan hal-hal yang sulit dipahami atau menimbulkan pertanyaan dari anak.

Selain itu, mendengarkan dongeng melalui audio dapat meningkatkan kemampuan kognitif karena merangsang daya imajinasi anak dan mendukung mereka untuk menjadi lebih kreatif.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.