Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kreator Webtoon asal Indonesia yang Berhasil Melebarkan Sayap ke Kancah Internasional

Kompas.com - 14/07/2021, 20:52 WIB
Firda Janati,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Webtoon saat ini menjadi salah satu platform webcomic terpopuler di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

NAVER Webtoon IP Business Team Leader Hee Youn Lee mengungkapkan sejauh ini ada enam kreator di Indonesia yang sudah sukses mengepakkan sayap ke kancah internasional.

Di antaranya adalah Archie The Cat dengan Eggnoid, Annisa Nisfihani dengan Pasutri Gaje, My Pre-Wedding, dan Virgo and The Sparklings, serta Avisiena & Savenia Melinda dengan Terlalu Tampan.

Baca juga: Webtoon Ungkap Kesulitan Proses Pengangkatan Komik Jadi Drama

"Mereka telah berhasil secara global, termasuk di AS, Jepang, Thailand, dan Taiwan," kata Hee Youn Lee dalam wawancara via email dengan Kompas.com, Rabu (14/7/2021).

Hee Youn Lee mengatakan, LINE Webtoon mendapat umpan balik yang positif secara global berkat popularitas keenam kreator tersebut.

"Tahun ini, kami berencana untuk memiliki enam kreator lagi untuk meluncurkan karya mereka secara global," kata Hee Youn Lee.

Baca juga: Fakta Film Eggnoid, Adaptasi Weebtoon hingga Nonton dengan Harga Murah

Di antara Webtoon Indonesia, Terlalu Tampan dan Eggnoid telah dibuat menjadi film yang dirilis pada tahun 2019.

Hee Youn Lee mengatakan, mereka berencana untuk mengadaptasi tiga webtoon karya kreator Indonesia untuk di jadikan serial atau film.

"Kami memiliki tiga webtoon lagi yang dikontrak dan sekarang sedang dalam proses untuk serial TV atau film di Indonesia," ungkap Hee Youn Lee.

Baca juga: Ternyata Genre Seri Komik Webtoon Ini yang Paling Banyak Dibaca

Sebagai informasi, Webtoon merupakan layanan komik digital yang diluncurkan Naver Corporation di Korea Selatan pada 2005.

Beberapa drama Korea yang diadaptasi dari komik Webtoon adalah Sweet Home, Love Alarm, My ID is Gangdam Beauty, Extraordinary You, What's Wrong with Secretary Kim, True Beauty, Itaewoon Class, dan banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com