Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musisi Hebat Tanpa Pengakuan Grammy Awards

Kompas.com - 14/03/2021, 12:11 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak artis musik hebat yang dianggap sebagai pelopor dan legenda tetapi tidak pernah sekalipun mendapat penghargaan Grammy.

Siapa saja mereka?

1. Bob Marley

Musik karya Bob Marley tidak pernah menunjukkan tanda-tanda memudar. Meskipun sudah meninggal pada 1981, Marley tetap menjadi salah satu artis musik paling ikonik dan memiliki jutaan di seluruh dunia.

Dia dianggap sebagai sosok yang mempopulerkan musik asli Jamaika, reggae, ke seluruh dunia. Bob Marley pun dianggap sebagai symbol simbol budaya Jamaika.

Baca juga: Harry Styles Akan Buka Grammy Awards 2021, Ini Pertama Kalinya

Album Legend milik sang legenda sudah terjual lebih dari 15 juta kopi sampai saat ini.

Bahkan sampai hari ini album itu masih terjual antara 3.000 hingga 5.000 kopi per hari, lebih dari 30 tahun sejak dirilis.

Dunia musik kehilangan ketika Bob Marley meninggal. Namun Recording Academy tidak pernah mengakui bakatnya.

Baca juga: Boikot Grammy Awards, The Weeknd Tak Izinkan Label Daftarkan Lagu-lagunya di Grammy

Grammy memang memberinya Lifetime Achievement Award pada 2001.

Bob Marley juga dinominasikan untuk Best Music Film dan Best Pop Collaboration with Vocals pada 2002, tetapi dia tidak menang.

2. Snopp Dog

Rapper Snoop Dogg menghadiri Levi's® All-Star Weekend Ball-B-Q with Just Don and Snoop Dogg di Heist Brewery, Charlotte, North Carolina, pada 16 Februari 2019. Paras Griffin / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP Rapper Snoop Dogg menghadiri Levi's® All-Star Weekend Ball-B-Q with Just Don and Snoop Dogg di Heist Brewery, Charlotte, North Carolina, pada 16 Februari 2019.
Rapper Snoop Dogg merilis 16 album yang terjual lebih dari 25 juta kopi sepanjang kariernya. Dia dianggap berjasa mengubah gaya rap.

Meskipun mendapat 17 nominasi, pemilik nama asli Cordozar Calvin Broadus Jr tidak pernah satu kali pun dianugerahi Grammy Awards.

3. The Who

Roger Daltrey (kiri) and Pete Townshend dari band asal Inggris The Who tampil di Toyota Center pada konser The Who, Moving On!, di Houston, Texas, pada 25 September 2019.AFP/SUZANNE CORDEIRO Roger Daltrey (kiri) and Pete Townshend dari band asal Inggris The Who tampil di Toyota Center pada konser The Who, Moving On!, di Houston, Texas, pada 25 September 2019.
Sebagai band rock Inggris, The Who diberi penghargaan karena memengaruhi dunia musik rock modern.

Band asal Inggris ini dianggap mempengaruhi lanskap musik rock modern. The Who termasuk grup musik yang pertama menggunakan synthesizers untuk struktur musik rock tradisional.

Band yang dipandegani Pete Townsend dan Roger Daltrey ini juga band pertama yang memasukkan bunyi nonmusik ke dalam lagu-lagunya.

Baca juga: Kesal Tak Masuk Nominasi Grammy Awards, Zayn Malik Sindir Grammy

Meskipun memberi sumbangsih besar di dunia musik, The Who tidak mendapatkan Grammy Awards kecuali Lifetime Achievement Award pada 2001.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com