Kompas.com - 16/02/2021, 17:17 WIB
Penyanyi Afgan. Dokumentasi pribadi.Penyanyi Afgan.
Penulis Cynthia Lova
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Afgan Syahreza mengaku sempat mengalami anxiety attack pada tahun 2020 saat pandemi Covid-19 muncul di Indonesia.

Anxiety attack adalah serangan kecemasan yang merupakan respons penderitanya terhadap suatu kondisi atau peristiwa tertentu.

"Gue memang ada history anxiety attack (kecemasan). Jadi tahun lalu terasa banget sih, anxiety attack, apalagi gue orangnya mobile gitu," ujar Afgan saat berbincang dengan Putri Tanjung dalam kanal YouTube CXO Media seperti dikutip Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

Dia mengaku berada di rumah terlalu lama kala itu membuatnya menjadi depresi. Pasalnya, dia terbiasa melakukan aktivitas di luar.

Baca juga: Jaz Hayat Ingin Merambah Industri Musik Malaysia seperti Judika dan Afgan

Pria umur 31 tahun ini mengaku untuk mengatasi anxiety attack yang dirasakannya dengan mengikuti sesi theraphy.

Menurut dia, tahun 2020 adalah masa-masa sulit yang harus dihadapinya. Pasalnya, aktivitas bernyanyi hingga beberapa lagu yang musti dirilis tahun lalu menjadi tertunda.

"Jadi muncul sih, tapi ya gue sih kalau gue benar-benar ikut terapi sih tahun lalu benar-benar kayak gue pengin ngeluarin nih semuanya yang enggak enak enggak enak karena it's gonna be a hard year ahead gitu. Jadi mendingan kita jalani dengan benar," ujar Afgan.

Dengan mengikuti therapy session, dia bisa menjalani aktivitasnya lebih baik untuk mengurangi anxiety attack yang dirasakannnya.

Baca juga: Lirik Lagu Say Im Sorry dari Afgan

"Aaa paling gue lebih tahu siklusnya aja sih, kayak keep a journal, jadi emotional being lu bisa ke track gitu. Misalnya, dalam sebulan itu, lu yang well itu dari periode berapa dan enggak well jadi lo sudah prepare," kata Afgan.

"Karena itu kalau buat gue it's a cycle gitu. Jadi gue kalau sudah mulai enggak enak nih 'I know what to do'. Kayak gue tulis step-stepnya what should I do to overcommit, terus it's now better sih, since i get a journal gitu," lanjut pria kelahiran 27 Mei.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X