Sinopsis The Fifth Estate, Awal Kisah Kontroversi WikiLeaks, Segera di Disney+ Hotstar

Kompas.com - 16/02/2021, 09:35 WIB
Daniel Brühl dan Benedict Cumberbatch dalam film thriller The Fifth Estate (2013). © 2013 - DreamWorks PicturesDaniel Brühl dan Benedict Cumberbatch dalam film thriller The Fifth Estate (2013).

JAKARTA, KOMPAS.com - Diadaptasi dari biografi yang ditulis oleh Daniel Domscheit-Berg, film The Fifth Estate akan segera tayang di Disney+ Hotstar.

Pada 2007, jurnalis Daniel Domscheit-Berg (Daniel Brühl) menghadiri kongres yang digelar oleh Chaos Computer Club di Berlin, Jerman.

Kala itu, motivasi terbesar Daniel adalah untuk bertemu langsung dengan aktivis kebebasan berinternet, Julian Assange (Benedict Cumberbatch).

Baca juga: Sinopsis Agent Carter, Misi Besar Pertama Peggy Carter, Tayang di Disney+ Hotstar

Setelah mengadakan serangkaian pertemuan dan diskusi, keduanya pun memutuskan untuk mendirikan organisasi non profit bernama WikiLeaks.

Dalam proyek besar ini, Daniel dan Assange membuka ruang bagi orang-orang yang ingin berbagi informasi soal dokumen rahasia milik pemerintah.

Keduanya beranggapan bahwa semua orang berhak mengetahui berbagai keburukan yang terjadi di negara mereka.

Baca juga: Disney+ Hotstar Kembali Rilis Cuplikan Serial The Mighty Ducks: Game Changers

Target pertama WikiLeaks adalah perusahaan keuangan asal Swiss, Julius Baer, yang diduga terlibat dalam praktik pencucian uang.

Skandal ini membuat para petinggi Julius Baer meradang, hingga akhirnya mereka menyeret Daniel dan Assange ke pengadilan.

Hebatnya lagi, kasus ini berhasil dimenangkan oleh WikiLeaks dan keduanya pun kembali menjalankan misi baru mereka.

Baca juga: Sinopsis Film #BerhentidiKamu, Tayang 12 Februari di Disney+ Hotstar

Terbongkarnya fakta di balik Gereja Scientology dan skandal email politisi Sarah Palin menjadi dua pencapaian baru WikiLeaks.

Bersamaan dengan kesuksesannya, Daniel mulai berhadapan dengan masalah dalam kehidupan pribadinya.

Tak hanya kehilangan pekerjaannya, hubungan Daniel dan Assange juga kian merenggang akibat berbagai perbedaan pendapat.

Saksikan kelanjutan kisahnya dalam film The Fifth Estate yang akan segera tayang di Disney+ Hotstar.

Baca tentang

Sumber IMDb
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X