Kompas.com - 06/02/2021, 15:34 WIB
Lagu Terpesona mendadak viral di media sosial dan dijadikan yel-yel anggota TNI dan Polri. KOMPAS.com/Skivo Marcelino MandeyLagu Terpesona mendadak viral di media sosial dan dijadikan yel-yel anggota TNI dan Polri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Semuel Takatelide, pencipta lagu "Terpesona" menceritakan bagaimana tembang tersebut bisa menjadi yel-yel TNI-Polri.

Pada 2007, Komando Resor Militer 131/Santiago Sulawesi Utara meminta Samuel melatih Masamper dalam rangka peresmian rumah sakit Robert Wolter Monginsidi.

Sementara itu, pelatihan Masamper yang dipimpin olehnya itu menggunakan lagu "Terpesona", diikuti Kepolisian, Angkatan Laut, Angkatan Udara, hingga Angkatan Darat.

Baca juga: Semuel Takatelide Ungkap Awal Mula Terciptanya Lagu Terpesona yang Mendadak Viral

Dalam satu angkatan, Semuel mengatakan ada 15 hingga 20 orang yang mengikuti pelatih Masamper pada saat itu.

"Kebetulan Panglima (Djoko Santoso) mau datang itu. Jadi saya dipanggil untuk melatih Masamper di Korem itu tahun 2007," ungkap Semuel saat dihubungi Kompas.com melalui sambung telepon, Sabtu (6/2/2021).

Setelahnya, tembang yang dirilis pertama kali pada 1998 itu menjadi yel-yel Polri hingga TNI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Lagu “Terpesona” Viral di Medsos, Penciptanya Dapat Banyak Tawaran Kerja Sama

Dia sendiri tidak mengetahui pasti alasan lagu "Terpesona" bisa dijadikan yel-yel Kepolisian hingga TNI.

"Terus, lagu itu sudah saya perkenalkan tahun 2007 itu, mungkin sudah tertanam di benak mereka. Mungkin karena lagunya asyik, jadi bikin yel-yel. Kira-kira ceritanya begitu sampai ke TNI dan Polri," kata Semuel.

Di sisi lain, Semuel mengungkapkan asal mula terciptanya lagu "Terpesona" itu. Dia ia mulai menciptakan "Terpesona" sekitar 1995 atau 1996 untuk keperluan kompetisi lomba berbalas pantun menggunakan syair lagu.

"Kalau di Sangihe Talaud itu, ada Masamper kan, ada budaya Masamper. Nah, budaya Masamper itu dia saling berbalas pantun dalam syair lagu," ungkap Semuel.

Baca juga: Terungkap, Ini Penyebab Lagu Terpesona Jadi Yel-yel TNI dan Polisi

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.