Pengalaman Diminta PIN Peretas WhatsApp, Melaney Ricardo: Jangan Cepat Ambil Keputusan

Kompas.com - 14/01/2021, 18:39 WIB
Pembawa acara Melaney Ricardo saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (4/1/2021). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Pembawa acara Melaney Ricardo saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (4/1/2021).
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Sempat jadi korban peretasan WhatsApp oleh hacker, presenter Melaney Ricardo bercerita akun di ponselnya langsung tertutup sendiri.

Melaney pun meminta bantuan suaminya, Tyson Lynch, kakak serta sepupunya untuk datang ke rumah.

"Langsung kita uninstall WhatsApp di handphone aku, terus langsung email ke tim WhatsApp-nya gitu dan mereka langsung kasih instruksi apa yang harus dilakukan," kata Melaney Ricardo, dikutip dari kanal YouTube-nya, Kamis (14/1/2021).

Baca juga: WhatsApp Melaney Ricardo Diretas Usai Kirim Foto Tangkapan Layar Pin

Dari Rabu pukul 22.30 WIB, dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk Melaney memulihkan akunnya.

"Intinya jam 00.30 udah mengikuti semua instruksi itu akhirnya I got my account back. Puji Tuhan, puji Tuhan," ucapnya.

Untungnya saat sadar WhatsApp-nya diretas, Melaney langsung mengabarkan lewat Insta Story sehingga sudah banyak teman-temannya yang mengetahui musibah itu.

Baca juga: Akun WhatsApp Melaney Ricardo Diretas oleh Oknum yang Mengaku Sebagai Pegawai Minimarket

Sebab, kata Melaney, teman-temannya mengaku mendapat pesan WhatsApp dari si pelaku yang berusaha meminjam uang.

"Ternyata, teman-teman gue yang gue tanya si hacker ini langsung minjam duit, nanya saldo dan segala macam. Of course ujung-ujungnya adalah uang. Bahkan beberapa teman gue, karena udah tahu karena gue langsung post di Instagram (diretas) malah dibercandain," kata Melaney.

Ibu dua anak itu mengingatkan untuk tidak terburu-buru menanggapi dan mengambil keputusan jika ada nomor tidak dikenal meminta PIN.

Baca juga: Doakan Gisel, Melaney Ricardo: Satu Tahap Telah Dia Lewati

"Kalau perlu telepon suami lu, telepon sahabat, teman yang mungkin nalarnya masih lebih jalan dibanding lu. Karena tadi malam seperti yang gue bilang, gue capek sekali. Tanya dan minta pendapat mereka ini masuk akal tidak," sambungnya.

Semua itu bermula ketika Melaney menerima WhatsApp dari nomor tidak dikenal yang mengaku pekerja salah satu minimarket.

Oknum itu juga mengaku salah memasukkan nomor telepon kala melakukan transaksi. Sehingga, kata si pelaku, pin yang biasa dipakai untuk verifikasi masuk ke SMS nomor telepon Melaney Ricardo.

Baca juga: Melaney Ricardo: Akui Kesalahan dan Minta Maaf Itu Sebuah Keberanian

Pelaku memohon dengan mengatakan akan terkena masalah jika tidak mendapatkan pin itu. Ia lalu meminta Melaney Ricardo untuk screen capture pin yang disertai bahasa Thailand itu.

Karena kasihan, Melaney mengirimkan screen capture pin itu. Tiga detik kemudian, WhatsApp-nya sudah tertutup.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X