Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alexi Laiho, Vokalis Band Metal Children of Bodom Meninggal Dunia

Kompas.com - 05/01/2021, 10:23 WIB
Rintan Puspita Sari,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Alexi Laiho, vokalis dan gitaris band metal Children of Bodom, meninggal dunia dalam usia 41 tahun.

Rekan satu band-nya saat ini, Bodom After Midnight mengumumkan kabar duka itu di media sosial.

"Dengan berat hati dan kesedihan yang luar biasa kami harus mengumumkan meninggalnya Alexi Laiho. Kami benar-benar hancur dan patah hati karena kehilangan teman dan anggota band kami yang tiba-tiba."

Dalam keterangan pers, disebutkan kalau Laiho menderita masalah kesehatan jangka panjang selama beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, istrinya, Kelli Wright-Laiho, mengatatakan tentang sosok suaminya.

"Alexi adalah suami dan ayah yang paling penyayang dan luar biasa. Hati kami hancur selamanya," kata Kelli.

Laiho, yang terkenal di kancah metal karena keahlian virtuosiknya pada gitar, lahir di Espoo pada tahun 1979, dan mulai mempelajari instrumen tersebut saat remaja.

Dia membentuk grup Inearthed di pertengahan masa remajanya yang terinspirasi oleh scene metal yang suram dan berkembang di seluruh Skandinavia pada awal 1990-an serta heavy metal klasik.

Pada tahun 1997 band ini mengubah nama mereka menjadi Children of Bodom, merujuk pada pembunuhan tiga remaja di Danau Bodom Espoo pada tahun 1960.

Mereka merilis album debut, Something Wild, pada tahun 1997, dan reputasi mereka tumbuh bersamaan dengan rekaman selanjutnya.

Dengan album keempat Hate Crew Deathroll (2003) menjadi yang pertama dari enam pemuncak tangga lagu Finlandia.

Kesuksesan mereka kemudian mendunia, dengan Blooddrunk 2008 mencapai No 22 di AS dan Top 50 Inggris, pencapaian langka untuk rilis death metal. Mereka mengeluarkan 10 album studio dan dua piringan hitam live.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com