Kompas.com - 20/11/2020, 19:17 WIB
Jimin BTS di video klip Blood, Sweat, and Tears. Tangkap layar YouTubeJimin BTS di video klip Blood, Sweat, and Tears.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona (Covid-19) membuat Jimin BTS mempertanyakan peran mereka sebagai musisi.

Menurut Big Hit Entertainment, agensi BTS, BE adalah cerminan jujur dari emosi rumit yang disebabkan pandemi Covid-19 tahun ini.

Membawa perasaan takut, tidak berdaya, dan tidak nyaman ke dalam kehidupan banyak orang, sama juga seperti dirasakan anggota BTS.

Konser yang telah direncanakan untuk bisa menyapa langsung penggemar sepanjang tahun 2020 akhirnya dibatalkan karena pandemi, perasaan-perasaan itu sebagai seorang musisi yang akhirnya membuat Jimin BTS mempertanyakan peran mereka sebagai musisi di masa pandemi.

Baca juga: Garap Album BE, Jimin BTS Sebut Paling Banyak Diskusi dengan V

Membicarakannya dengan teman seband dan mengubahnya menjadi album baru itu sendiri merupakan tindakan menghiburnya.

"Saya mulai merasa bahwa saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan... tetapi berbicara dengan para anggota tentang apa yang kami pikirkan masing-masing memberikan kenyamanan," kata Jimin.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Itu membantuku menyadari mengapa aku sangat menyukai ini dan mengapa aku begitu berjuang. Itu akhirnya membantuku berdiri dari keputusasaan," ujar Jimin.

Dibandingkan dengan album sebelumnya di mana sebagian besar detail dirahasiakan hingga dirilis, kali ini mereka lebih terbuka kepada penggemar dengan membagikan detail tahapan produksi dan peran yang mereka ambil untuk album tersebut.

Baca juga: Beri Bocoran Album BE, Jimin BTS: Video Musik Life Goes On Paling...

Jimin, misalnya, ambil bagian sebagai manajer proyek musik, bolak-balik antara BTS dan agensi manajemen mereka Big Hit Entertainment untuk mengubah detailnya.

Sementara, V mengawasi keseluruhan visual album. Jungkook mengarahkan teaser untuk lagu utama.

"Semuanya leluasa bersinggungan dan saya merasakan koneksi fisik terputus. Seperti seberapa bagus restoran berbagi resep saus mereka, kami bereksperimen dengan ini," kata RM. 

Baca juga: Jimin BTS Beberkan Kondisi Terkini Suga Usai Operasi Bahu, Katanya...

"Kami harus melakukannya. Saya harap ini memberi perasaan terhubung," ucap leader BTS itu.

Album BE (Deluxe Edition) telah resmi dirilis 20 November 2020 pukul 02.00 pm KST.


Sumber yonhapnews
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X