Jadi Pengisi Suara Film Mulan, Dion Wiyoko Alami Serak

Kompas.com - 19/11/2020, 18:50 WIB
Artis peran Dion Wiyoko didapuk mengisi suara karakter Honghui di film Mulan dalam Bahasa Indonesia. Disney+ HotstarArtis peran Dion Wiyoko didapuk mengisi suara karakter Honghui di film Mulan dalam Bahasa Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dion Wiyoko menjadi pengisi suara Honghui dalam film Mulan yang akan ditayangkan Disney+ Hotstar pada 4 Desember 2020.

Kali pertama menjadi seorang dubber atau pengisi suara, Dion Wiyoko mengalami kesulitan. Bahkan, dia mengaku sampai serak usai dubbing suara.

Baca juga: Luna Maya Bagikan Cerita Sedih di Balik Isi Suara Film Mulan

"Yang memorable setelah ngisi suara, suara saya langsung serak. Ya itu saya belajar banyak, setelah isi suara 1 sampai 2 jam langsung serak, karena saya banyak ambil suara dari tenggorakan," kata Dion melalui jumpa pers via Zoom, Kamis (19/11/2020).

Dari kejadian itu, bintang film Serigala Terakhir ini mengaku belajar banyak hal, khususnya soal teknik pengambilan suara saat dubbing.

"Nah makanya waktu dubbing jadi belajar banyak. Kita ambil suara dari perut," ujar Dion.

Baca juga: Jadi Pengisi Suara Mulan di Disney + Hotstar, Yuki Kato: Sangat Terhormat

Beruntung juga Dion Wiyoko ditemani oleh dubber profesional sehingga mampu untuk menyelesaikan dubbing tersebut.

"Kita hanya nonton sepenggal-sepenggal dan ditemani profesional jadi ya bisa selesai," ucap aktor berusia 36 tahun itu.

Selain Dion Wiyoko yang menjadi pengisi suara, ada pula nama Luna Maya yang menjadi pengisi suara Xian Lang dan Yuki Kato Maya sebagai pengisi suara Mulan.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X