Debby Sahertian Cerita Perjalanan Acara Komedi Fenomenal Lenong Rumpi, dari Diskotek sampai Televisi

Kompas.com - 14/10/2020, 20:18 WIB
Artis peran Debby Sahertian YouTube The LeonardosArtis peran Debby Sahertian

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembawa acara sekaligus komedian Debby Sahertian menceritakan perjalanan Lenong Rumpi, grup komedi kondang yang begitu eksis di era 1990-an.

Debby termasuk salah satu pelakon di sana bersama komedian lainnya seperti Harry de Fretes, Titi DJ, Robby Tumewu, serta Ade Liberta.

Debby mengaku, awalnya ia masuk karena diajak Harry de Fretes. Ajakan itu dia terima setelah berulang kali Harry mengajak dia.

“Tiap ketemu, dia selalu ajak. Aku enggak enak. Ya sudah deh aku coba,” tutur Debby.

Pemeran Marlena dalam grup komedi ini juga menyampaikan bagaimana Lenong Rumpi bisa masuk ke RCTI, satu-satunya televisi swasta di era 1990-an itu. 

Baca juga: Keseharian Debby Sahertian Selama Pandemi: Benahi Kamar hingga Bikin Tik-Tok Berbahasa Gaul

“Waktu itu kami kebetulan off air, keliling, ke diskotek lho, jangan salah. Dulu ada namanya Oriental, itu sekarang di hotel sultan. Nah, kebetulan waktu itu ada satu produser RCTI yang nonton, terus kami langsung ditawari untuk presentasi, kami langsung mau,” tambah Debby.

Debby menuturkan, pihak RCTI baru menerima mereka setelah dua kali diminta presentasi. Waktu itu, Lenong Rumpi tayang tiap Sabtu malam.

Wanita berusia 57 tahun ini pun bersyukur menjadi bagian Lenong Rumpi. Berkat grup lawak tersebut, dirinya bisa terkenal hingga saat ini.

“Jadi orang tau aku gara-gara komedi Lenong Rumpi. Nah setelah itu aku jadi terkenal. Aku bersyukur banget,” imbuh Debby diselingi tawa.  

Baca juga: Harry de Fretes: Robby Tumewu Teman Seperjuangan Membangun Lenong Rumpi

Lenong Rumpi adalah grup lawak kondang yang begitu terkenal pada sekitar tahun 1990.

Lenong Rumpi kemudian diadaptasi menjadi film drama komedi Indonesia yang diproduksi tahun 1991.

Film ini disutradarai Yazman Yazid serta dibintangi antara lain oleh Harry de Fretes, Ira Wibowo dan Debby Sahertian.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X