Kostum Perawat Jennie BLACKPINK di Video "Lovesick Girls" Tuai Kritikan

Kompas.com - 06/10/2020, 09:33 WIB
Jennie mengenakan baju perawat (kiri) di video musik Lovesick Girls BLACKPINK. KoreabooJennie mengenakan baju perawat (kiri) di video musik Lovesick Girls BLACKPINK.

JAKARTA, KOMPAS.com - Serikat Pekerja Kesehatan dan Medis Korea mengkritik YG Entertainment atas seragam perawat yang dikenakan Jennie di video musik BLACKPINK " Lovesick Girls".

Dalam pernyataannya, Pekerja Kesehatan dan Medis Korea menyatakan seragam itu terlalu pendek dan juga penggunaan high heels tidak seperti seragam sebenarnya.

"Topi, celana ketat, rok pendek, dan sepatu hak tinggi jauh dari seragam perawat yang sebenarnya, dan hanya mengikuti gambaran tipikal yang digunakan untuk daya tarik seksual," ujar mereka.

Baca juga: Berkenalan dengan 4 Member BLACKPINK, Siapakah Biasmu?

"Perawat adalah pekerja perawatan kesehatan dan profesional medis, fakta bahwa ada lebih banyak wanita daripada pria dalam profesi ini membuat kami terpapar objektifikasi seksual dan memaksa kami untuk menghadapi penggambaran yang meremehkan yang mempertanyakan keahlian kami," lanjut mereka dalam kritikan.

Karena itu, serikat pekerja tersebut mengungkapkan rasa kecewa mereka terhadap YG Entertainment karena sudah melakukan hal yang sama dalam video musik BLACKPINK.

Padahal untuk menghapus stigma perawat seksi, mereka telah melakukan banyak hal. Sangat  disayangkan, YG justru membuat gambaran seperti itu muncul lagi.

Baca juga: Jisoo dan Rose BLACKPINK Berbagi Tips dan Trik di Cuplikan Amazing Saturday

"Untuk mereformasi masalah ini, kami melakukan banyak upaya, tetapi YG Entertainment mengobjektifikasi perawat dalam MV baru BLACKPINK," tutur mereka.

"Perawat masih mengalami perlakuan tidak adil dan pelecehan seksual. Semakin sering citra perawat ini diulang, semakin buruk situasinya," lanjutnya.

Dalam pernyataan penutupnya, serikat menekankan pentingnya menggunakan pengaruh BLACKPINK yang global dengan cara yang lebih bertanggung jawab.

Baca juga: Fakta Menarik Video Musik Lovesick Girls, Lagu Utama Album Baru BLACKPINK

Terlebih mengingat lagu tersebut menduduki peringkat pertama hampir semua tangga lagu di dunia.

"Kami meminta YG Entertainment mengambil tindakan yang sesuai dengan popularitas dan pengaruh BLACKPINK," ucap Pekerja Kesehatan dan Medis Korea.


Sumber Koreaboo
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X