Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kostum Perawat Jennie BLACKPINK di Video "Lovesick Girls" Tuai Kritikan

Dalam pernyataannya, Pekerja Kesehatan dan Medis Korea menyatakan seragam itu terlalu pendek dan juga penggunaan high heels tidak seperti seragam sebenarnya.

"Topi, celana ketat, rok pendek, dan sepatu hak tinggi jauh dari seragam perawat yang sebenarnya, dan hanya mengikuti gambaran tipikal yang digunakan untuk daya tarik seksual," ujar mereka.

"Perawat adalah pekerja perawatan kesehatan dan profesional medis, fakta bahwa ada lebih banyak wanita daripada pria dalam profesi ini membuat kami terpapar objektifikasi seksual dan memaksa kami untuk menghadapi penggambaran yang meremehkan yang mempertanyakan keahlian kami," lanjut mereka dalam kritikan.

Karena itu, serikat pekerja tersebut mengungkapkan rasa kecewa mereka terhadap YG Entertainment karena sudah melakukan hal yang sama dalam video musik BLACKPINK.

Padahal untuk menghapus stigma perawat seksi, mereka telah melakukan banyak hal. Sangat  disayangkan, YG justru membuat gambaran seperti itu muncul lagi.

"Untuk mereformasi masalah ini, kami melakukan banyak upaya, tetapi YG Entertainment mengobjektifikasi perawat dalam MV baru BLACKPINK," tutur mereka.

"Perawat masih mengalami perlakuan tidak adil dan pelecehan seksual. Semakin sering citra perawat ini diulang, semakin buruk situasinya," lanjutnya.

Dalam pernyataan penutupnya, serikat menekankan pentingnya menggunakan pengaruh BLACKPINK yang global dengan cara yang lebih bertanggung jawab.

Terlebih mengingat lagu tersebut menduduki peringkat pertama hampir semua tangga lagu di dunia.

"Kami meminta YG Entertainment mengambil tindakan yang sesuai dengan popularitas dan pengaruh BLACKPINK," ucap Pekerja Kesehatan dan Medis Korea.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/10/06/093349366/kostum-perawat-jennie-blackpink-di-video-lovesick-girls-tuai-kritikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke