Kompas.com - 18/09/2020, 20:16 WIB
Personel NOAH, David, Lukman dan Ariel di kawasan Benhil, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAPersonel NOAH, David, Lukman dan Ariel di kawasan Benhil, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Ariel NOAH memberikan sedikit bocoran tentang proyek second chance di mana bandnya akan mengaransemen ulang lagu-lagu Peterpan.

Salah satu alasan mengapa proyek itu dikerjakan adalah demi mengurus hak cipta lagu-lagu Peterpan yang berantakan.

Baca juga: Uki Keluar, Ariel NOAH Kehilangan Tandem Eksplorasi Bermusiknya

"Lagu-lagu itu atas nama Peterpan, masternya mungkin milik Musica, tapi masternya atas nama Peterpan," kata Ariel seperti dikutip dari video 3PodShow, Jumat (18/9/2020).

Sementara band Peterpan sudah tak ada dan berganti NOAH. Ariel pun ingin membenahi pengurusan hak cipta album-album era awalnya.

Tak hanya itu saja, Ariel juga ingin memberikan kesempatan kedua bagi lagu-lagu Peterpan yang tidak terpromosikan dengan baik.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Tak Lagi Sama - NOAH

"Ada beberapa lagu yang menurut kita enak-enak, tapi tidak terpromosikan. Itu yang akan diaransemen ulang," ujarnya.

Lagu-lagu hits seperti "Topeng" justru tidak akan diaransemen ulang, tetapi hanya mendapat treatment berbeda saat rekaman nanti.

Ariel melakukan proyek ini karena merasa kecewa dengan realisasi karya-karya terdahulunya tidak sesuai seperti keinginan.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu 5 Years Time dari Noah and The Whale

Lagu-lagu seperti "Semua Tentang Kita" atau "Bintang di Surga" ternyata tidak seperti ekspektasi Ariel saat mengirimkan demo awal.

"Waktu itu kita kayak punya keinginan, tapi enggak punya pengetahuan," kata Ariel.

Saat masih tergabung dalam Peterpan, Ariel dkk tidak memiliki pengetahuan teknis untuk menerjemahkan apa keinginan mereka tentang bayangan lagu-lagunya.

Baca juga: Raffi Ahmad Menangkan Lelang Vinyl Spesial NOAH Seharga Rp 260 Juta

Oleh sebab itu, proyek second chance ini akan menjadi ajang penebus dosa karena beberapa lagu Peterpan tidak pernah terpromosikan dengan baik dan diterjemahkan dengan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.