Kompas.com - 11/09/2020, 12:23 WIB
Aktris asal Inggris Diana Rigg menerima penghargaan Icon Award  dalam acara Cannes International Series Festival (Canneseries) di Palais des Festival, Cannes, Perancis, pada 5 April  2019 AFP/VALERY HACHEAktris asal Inggris Diana Rigg menerima penghargaan Icon Award dalam acara Cannes International Series Festival (Canneseries) di Palais des Festival, Cannes, Perancis, pada 5 April 2019

KOMPAS.com - Aktris senior Diana Rigg meninggal dunia setelah didiagnosa menderita kanker pada Maret lalu.

Diana Rigg adalah sosok yang meraih popularitas lewat perannya sebagai Emma Peel di serial televisi The Avengers.

Perempuan bernama lengkap Enid Diana Elizabeth Rigg, adalah artis yang lahir 20 juli 1938 di Yorkshire, Inggris.

Baca juga: Pemeran Lady Olenna Tyrell di Game of Thrones, Diana Rigg, Meninggal Dunia

Diana Rigg menghabiskan masa kecilnya di India ketika ayahnya adalah pengawas perkeretaapian pemerintah.

Dia baru kembali ke tempat kelahirannya Yorkshire saat berusia delapan tahun.

Rigg adalah artis utama di sekolahnya, Fulneck Girls School di Yorkshire, memerankan berbagai karakter seperti Titania di A Midsummer Night Dream.

Rigg melanjutkan sekolah di Royal Academy of Dramatic Art dan menjalani debut profesional di York Festival untuk produksi The Caucasin Chalk Circle (1957) dari Bertolt Brecht.

Bersama Royal Shakespeare Company yang ternama, Rigg mengawali debut panggung pertamanya di London tahun 1961.

Sukses memerankan karakter di serial The Avengers, membuka jalan kariernya lebih luas. Namanya tercatat dalam sederet judul film, serial hingga panggung teater.

Sedikit di antaranya adalah ketika dia bergabung dalam film James Bond On Her Majesty's Secret Service (1969), Theatre of Blood (1973), tapi dia tetap mendedikasikan hidupnya untuk teater.

Pada tahun 2013, Rigg tampil bersama putrinya Rachael Stirling di serial BBC Doctor Who (2005) dalam episode berjudul "The Crimson Horror" dan memerankan Olenna Tyrell di serial HBO Game of Thrones (2011).

Pada bulan Juni 1994, ia diangkat sebagai Dame Commander of the Order of the British Empire (DBE) oleh Ratu Elizabeth II untuk jasanya dalam drama.


Sumber imdb.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X