Film Tilik Berisi Pesan Lawan Hoaks dari Masyarakat di Era Digital

Kompas.com - 20/08/2020, 21:16 WIB
Tangkapan layar karakter Bu Tejo dalam film Tilik yang viral screenshootTangkapan layar karakter Bu Tejo dalam film Tilik yang viral

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Wahyu Agung Prasetyo mengungkapkan, kisah film pendek Tilik itu juga berdasarkan fenomena masyarakat yang terlalu percaya dengan internet.

Diketahui, Bu Tejo yang diperankan Siti Fauziah dalam film pendek Tilik itu menganggap internet sebagai sumber informasi yang paling akurat.

"Film ini itu benang merahnya membahas sebuah informasi di mana sekarang tuh banyak banget isu hoaks di mana-mana," ungkap Agung dalam tayangan YouTube Revacana Films, dikutip Kompas.com, Kamis (20/8/2020).

Baca juga: Menilik Karakter Bu Tejo dalam Film Tilik

Apalagi, kata Agung, era digital modernisasi sekarang ini sangat digandrungi masyarakat Indonesia.

"Nah ini yang menjadi rentan, mejadi penting kenapa film ini harus diproduksi sekarang," ucap Agung.

Adapun para pemeran yang terlibat di antaranya ada Siti Fauziah, Brilliana Desy, Angelina "Punyk", Dyah Mulani, Luly Syahkisrani, Hardiansyah Yoga Pratama, Tri Sudarsono Gotrek, dan Ratna Indriastuti.

Berkisah Dian, seorang kembang desa. Karena paras wajahnya, tidak sedikit lelaki yang mendekatinya hingga datang melamarnya.

Oleh sebab itu, warga desa bergunjing tentang status lajang Dian.

Dalam satu kesempatan perjalanan naik truk, dalam rangka menjenguk ( tilik) Bu Lurah di rumah sakit di kota, sosok Dian terus menjadi bahan gosip oleh Bu Tejo.

Selain itu ada sosok Yu Ning (Briliana Desy) yang selalu mengingatkan Bu Tejo untuk tidak memfitnah tentang Dian.

Perjalanan tilik naik truk oleh sekumpulan ibu-ibu itu malah menjadi penuh gosip.

Film pendek TIlik ditayangkan di YouTube Ravacana Films pada 17 Agustus 2020


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X