Ramai Muncul Musisi Cover, Ariel NOAH Singgung soal Hak Cipta di YouTube

Kompas.com - 01/07/2020, 14:21 WIB
Vokalis band NOAH, Ariel saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Pusat, Selasa (24/12/2019) dini hari. KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISIVokalis band NOAH, Ariel saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Pusat, Selasa (24/12/2019) dini hari.
Penulis Firda Janati
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyanyi Ariel NOAH memberikan pendapatnya tentang kehadiran banyaknya musisi cover atau artis cover dan semacamnya di YouTube, 

Berbincang dengan Anji, vokalis band NOAH itu menuturkan musisi cover berhubungan dengan copyright atau hak cipta.

Ariel juga pernah dibilang netizen tidak menghargai hak cipta karena sebuah video yang diunggah dengan memakai lagu milik salah satu grup musik.

Baca juga: [VIDEO] Gofar Hilman: Jadi Kurir Narkoba Saat Masih SD hingga Alasan Ogah Undang Ariel

“Nah abis gue upload (video), trigger-nya ada yang komen, ‘woy copyright woy’, enggak tahu gue yang salah baca nada tulisannya karena enggak ada emot icon-nya ya, enggak ada intonasi,” tutur Ariel dalam kanal YouTube dunia MANJI, dikutip Kompas.com, Rabu (1/7/2020).

Ariel berpikir positif bahwa orang tersebut tak mengerti yang dimaksud dengan hak cipta, akhirnya emosinya pun mereda saat melihat komentar tersebut.

“Ini orang marah-marah sama gue? Tapi di balik itu ada sedikit terpancing emosi tapi mungkin oh ini orang mungkin enggak tahu, akhirnya gue jelasin,” tuturnya.

Baca juga: Nikita Mirzani Blak-blakan tentang Ariel NOAH dan Tom Cruise

Setelah dia menjelaskan secara detail maksud dari hak cipta, komentar itu malah hilang dihapus oleh yang berkomentar.

“Gue bilang, lu tuh ngomongnya kayak gue ngelakuin kejahatan, gue tahu itu copyright, copyright itu kan bahasa Indonesianya hak cipta, jadi ada yang bilang lagu ini ada hak ciptanya, that’s it itu saja sebetulnya,” ujarnya.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketika menggunakan karya orang lain di depan umum, seperti di YouTube, Ariel mengatakan ada sebuah konsekuensi.

Baca juga: Nikita Mirzani Tak Rela Ariel NOAH Balikan dengan Luna Maya ataupun Sophia Latjuba

“Nah konsekensinya gue tahu itu, YouTube sudah ngasih tahu semua keuntungan dari video ini itu akan dikasih tahu sama yang punya lagu, ya gue bilang enggak apa-apa orang lagunya bagus kok, jadi memang niat gue begitu,” kata Ariel.

Kesalahan terjadi saat orang yang meng-cover atau membawakan karya orang lain tidak lebih dulu izin atau bahkan tidak mendapatkan izin dari pemilik asli karya tersebut, tetapi tetap mengunggahnya.

“Kecuali kalau yang punya lagunya enggak pengin gue masukin ke dalam videonya, jadi kalau misalnya yang punya lagunya enggak pengin, pasti take down sendiri tuh, gitu” ujar Ariel.

Baca juga: Luka Luna Maya, Sulit Maafkan Ariel NOAH, Tersadar Nasihat Edric Tjandra

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X