Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Dengki, Ini Alasan Andovi da Lopez Pamit dari YouTube

Kompas.com - 29/06/2020, 22:01 WIB
Firda Janati,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Aktor Andovi da Lopez mengumumkan akan mengakhiri kanal YouTube SkinnyIndonesian24, yang digagas bersama sang kakak, Jovial da Lopez.

Di balik keputusan tersebut, tak sedikit netizen berkomentar Andovi dan Jovial pamit dari YouTube karena kalah bersaing dengan YouTuber lain.

“Orang akan mengangap itu aneh, tapi gue tahu itu yang benar buat gue, orang akan ngomong a b c d, oh lu karena iri ya, dengki ya, lu begini ya, gimana, gimana,” tutur Andovi dalam Kanal YouTube Raditya Dika, dikutip Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Baca juga: Terkenal Lewat SkinnyIndonesian24, Jovial dan Andovi da Lopez Bintangi Banyak Film Indonesia

Sebelumnya, pada masa Pemilihan Presiden 2019, SkinnyIndonesian24 mengunggah video rap battle antara Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto. 

Video yang berdurasi 5 menit 30 detik itu sudah ditonton lebih dari 44 juta kali dan disukai 1,8 juta lebih akun YouTube.

“Dit asal lu tahu, tanya kak Jov, gue mau quit YouTube setelah video Prabowo versus Jokowi, video paling gede views-nya di SkinnyIndonesian24, 44 juta views,” ujar Andovi. 

Baca juga: Skinnyindonesian24 Pamit dari YouTube, Apa Alasannya?

Bukan seperti yang netizen pikirkan, Andovi punya alasan mengapa memutuskan meninggalkan YouTube.

“Di masa-masa video Prabowo versus Jokowi, di mana setelah itu kita bikin battles ditonton 2 juta views, bikin ini 1 juta 2 juta, ketika views ini lagi naik-naiknya gara-gara video Prabowo versus Jokowi, gue mau udahan,” tutur Andovi. 

Setelah video Jokowi versus Prabowo, kakak beradik itu harus merasakan duka mendalam kepergian sang ayah yang meninggal pada tahun 2019.

Baca juga: YouTuber SkinnyIndonesian24 Umumkan Pamit Tahun 2021

Kejadian tersebut membuat perspektif Andovi berubah, dia bahkan berencana membuat buku tentang sang ibu karena tak mau mengulangi kesalahan yang sama.

“Di dalam hati terdalam, agak abstrak, tetapi gue tahu, Dit, gue punya pilihan untuk membuat YouTube, gue juga yang punya pilihan untuk mengakhirinya,” tutur Andovi. 

“Bukan karena orang lain, bukan karena situasi, bukan karena kondisi, tapi karena keputusan pribadi gue,” ujar Andovi. 

Akun Skinnyindonesian24 sebelumnya mengumumkan berhenti mengunggah konten di YouTube pada 2021. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com