Skinnyindonesian24 Pamit dari YouTube, Apa Alasannya?

Kompas.com - 27/06/2020, 15:38 WIB
Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez (kanan) berpose saat media visit promo film Bucin di Kantor Redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Kamis (5/3/2020). KOMPAS.com/MUTHIAH NURAINI SAndovi da Lopez dan Jovial da Lopez (kanan) berpose saat media visit promo film Bucin di Kantor Redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kanal YouTube SkinnyIndonesian24 yang digawangi kakak beradik Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez mengumumkan akan menyudahi kanal mereka pada 24 Juni 2021.

Meski tak secara gamblang menyebutkan penyebab akan segera pamit dari YouTube, kakak beradik yang pernah di undang untuk bertemu Presiden Joko Widodo ini memaparkan alasan pribadinya.

"Sebagian alasan gue adalah, gue mau menempuh jalan gue sendiri, tetapi bukan berarti kalau gue sama Jovial musuhan. Jelas-jelas kita enggak musuhan, kita kakak adik," tutur Andovi dikutip dari YouTube mereka, Sabtu (27/6/2020).

Baca juga: YouTuber SkinnyIndonesian24 Umumkan Pamit Tahun 2021

Sementara itu, Jovial menuturkan alasannya yang ada sangkut paut dengan sistem YouTube masa kini.

"Enggak tahu ya mungkin ini sedikit egois, cuma gue rasa penghargaannya untuk energi yang kita keluarkan itu enggak ada," ujar Jovial.

Dengan sistem YouTube yang sekarang, Jovial berpendapat "penghargaan" hanya diberikan kepada kanal arau konten yang beprestasi secara kuantitas, yang kualitasnya belum tentu bagus.

"Kalau kita ngomong dalam sistem yang disukai oleh brand dan orang-orang banyak duit adalah views, subscribers, likes, comments. Penghargaan itu diberikan ke channel atau konten yang isinya bagi gue bukan konten-konten terbaik," ucap Jovial.

Baca juga: Skinnyindonesian24 Tak Sangka Video Rap Prabowo Vs Jokowi Paling Populer di Indonesia Tahun 2019

Andovi menyetujui perspektif kakaknya.

Namun, itu bukan alasannya yang tepat untuk berhenti membuat konten di SkinnyIndonesian24.

Begitu pula dengan Jovial yang menegaskan itu bukan alasan sepenuhnya keluar dari YouTube.

Baca juga: YouTube Rilis Rewind 2018, Ada SkinnyIndonesian24 dan Gen Halilintar

Selama setahun mendatang mereka termotivasi membuat konten-konten YouTube yang lebih baik lagi sebagai penutup perjalanan mereka.

Jovi dan Andovi dulu sering mengunggah video-video parodi di kanal YouTube mereka.

Dari situlah popularitas kakak beradik itu meroket.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X