Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sara Fajira Jelaskan Arti Bahasa Jawa dalam Lagu Lathi, Ternyata...

Kompas.com - 17/06/2020, 14:58 WIB
Revi C. Rantung,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Penyanyi Sara Fajira menjelaskan arti dari lirik bahasa Jawa yang dinyanyikan dalam lagu “Lathi”, kolaborasinya dengan Weird Genius.

Dan yang menarik, Sara juga menuliskan sendiri lirik bahasa Jawa itu dan memasukan pribahasa Jawa kuno.

“Betul Pak (saya yang tulis lirik bahasa Jawa nya). Kalau yang di baris pertama memang saya ciptain, untuk baris selanjutnya saya ambil dari pribahasa Jawa, yang Bahasa Jawa kuno,” kata Sara dalam kanal YouTube Ganjar Pranowo seperti dikutip Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

Baca juga: Mengenal Sara Fajira dan Cerita Awal Kolaborasi dengan Weird Genius

Sara juga berujar sebelum memasukan lirik bahasa Jawa yang ada dalam lagu “Lathi”, dia berkomunikasi dulu dengan Eka Gustiwana, personel Weird Genius.

Kemudian, Sara menjelaskan bahwa lirik bahasa Jawa itu punya hubungan dengan makna dari lagu “Lathi”, yang menceritakan tentang toxic relationship.

“Dari artinya kamu enggak bisa lari dari kesalahan, harga diri terletak pada ucapan. Dari liriknya sendiri (lagu Lathi) tentang toxic relationship yang mana hubungan isinya ego dan kebohongan, sama-sama cinta, tapi saling menyakiti,” ucap Sara lagi.

Baca juga: Alasan Weird Genius Pilih Sara Fajira Nyanyikan Lagu Lathi

“Jadi kenapa aku masukin lirik bahasa Jawa dan pakai pribahasa. Nah saya memposisikan sebagai korban, jadi pasangan saya yang melakukan kekerasan kepada saya, itu semacam sumpah serapah kepada pasangan saya, ‘kamu tidak bisa lari dari kesalahan karena harga dirimu terletak pada ucapanmu’ biar lagunya enggak melulu tentang cinta ada pesan moralnya,” tutur Sara Fajira.

Sebelumnya, Sara Fajira menceritakan awal pertemuannya dengan Weird Genius khususnya Eka Gustiwana pada 2018 lalu.

Bahkan Sara kerap kali diajak untuk tampil sejak itu.

Dari sinilah yang membuat Weird Genius dan Sara Fajira menggarap lagu “Lathi” hingga akhirnya dikenal banyak publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com