Hengky Kurniawan: Kalau Warga Keberatan, Saya Tidak Bisa Memaksakan

Kompas.com - 03/04/2020, 14:20 WIB
Artis peran Hengky Kurniawan Chova KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANArtis peran Hengky Kurniawan Chova

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan politikus Hengky Kurniawan tak ingin memaksakan warga di sekitar rumahnya memberi izin atas rencananya.

Hengky Kurniawan diketahui mempersilakan pemerintah menggunakan rumahnya di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, sebagai tempat tinggal sementara tenaga medis yang menangani virus corona.

Tetapi, warga di sekitar rumahnya dikabarkan menolak niat baik Wakil Bupati Bandung Barat tersebut.

"Saya pikir, kalau warga sudah keberatan, kita tidak bisa memaksakan. Artinya, saya pikir ya mungkin kita memaklumi kekhawatiran tapi juga kita harus ada..," kata Hengky Kurniawan saat dihubungi wartawan, Jumat (3/4/2020).

Baca juga: Lawan Covid-19, Hengky Kurniawan Sediakan Rumahnya Jadi Tempat Istirahat Tenaga Medis

Hengky menilai, penting untuk memberi pengertian kepada warga tentang menyikapi mereka yang berhubungan langsung dengan virus corona.

"Seperti kami di Bandung Barat juga mengedukasi masyarakat kalau ada orang yang ODP (Orang Dalam Pengawasan) jangan langsung diusir atau mengambil tindakan yang anarkis," tutur Hengky.

Oleh karenanya, menurut Hengky Kurniawan, penting adanya edukasi yang baik terkait virus corona oleh kepala daerah setempat.

Baca juga: Warga Sekitar Tolak Rumah Hengky Kurniawan Jadi Tempat Istirahat Tenaga Medis

"Kan ada kejadian juga tuh karena edukasi yang kurang sehingga mereka mengusir ODP, kan kasihan. Hal seperti itu yang ya boleh kita jaga-jaga khawatir tapi kan kita juga pemahaman tentang Covid-19 ini juga kita perlu tahu," ujarnya.

Sejak awal menawarkan rumahnya, Hengky Kurniawan memang menyerahkan urusan perizinan kepada Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta.

Pasalnya, saat ini Hengky sudah tinggal di Bandung dan kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di lingkungan rumahnya di Jakarta.

Baca juga: Sediakan Rumahnya untuk Tenaga Medis, Hengky Kurniawan Serahkan Urusan Izin ke Pemerintah


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X