Tak Lolos Pilkada Pohuwato, Vicky Prasetyo-Salahudin Curiga Ada Kecurangan

Kompas.com - 27/02/2020, 11:33 WIB
Vicky Prasetyo saat ditemui di Gedung Trans TV, Jakarta Selatan, Selasa (7/1/2020) KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUSVicky Prasetyo saat ditemui di Gedung Trans TV, Jakarta Selatan, Selasa (7/1/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com- Pasangan calon Salahudin Pakaya dan Vicky Prasetyo akan mengajukan keberatan administrasi kepada Badan Pengawas Pemilu Pohuwato, Gorontalo karena merasa ada kecurangan dalam pengumpulan merkas dukungan mereka.

Vicky Prasetyo bersama Salahudin Pakaya diketahui mencalonkan diri di Pilkada 2020 kabupaten Pohuwato, Gorontalo.

Salahudin sebagai calon bupati dan Vicky calon wakil bupatinya. Mereka diketahui menempuh jalur independen.

Baca juga: Tak Lolos Pilkada Pohuwato, Salahudin-Vicky Prasetyo Beri Penjelasan

Namun, Salahudin dan Vicky dinyatakan tidak lolos karena jumlah dukungan mereka tidak memenuhi syarat.

Saat dihubungi Kompas.com Kamis (27/2/2020), Salahudin mengatakan, pihaknya akan mengajukan upaya keberatan kepada Bawaslu karena menyebut jumlah dukunyannya berkurang.

"Tidak lolos karena dukungan kami dikurangi. Batasnya 9.820 sisanya 9657 sementara di data kami 10.265," kata Salahudin.

Baca juga: Profil Vicky Prasetyo, Mantan Zaskia Gotik yang Identik dengan Bahasa Vickynisasi

"Oh ini kejahatan pemilu. Jadi kami mengajukan upaya keberatan administrasi ke Bawaslu Pohuwato. Akan diproses selama 12 hari," kata Salahudin

Menurut Salahudin, berkas dukungan dia dan Vicky sudah lengkap. Pada 23 Februari 2020 lalu Salahudin membawa berkas 10.265 dukungan untuk didaftarkan.

Kata Salahudin, saat berkas diberikan, KPU setempat tidak langsung melakukan pengecekan terhadap data yang diserahkan.

Menurut Salahudin, seharusnya KPU langsung melakukan pengecekan dan penyesuaian antara data yang masuk ke dalam sistem dengan formulir yang diberikan paslon.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X