Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2020, 16:17 WIB
Rintan Puspita Sari,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pindah ke Indonesia, membuat mendiang Ashraf Sinclair belajar banyak hal tentang kerasnya hidup di kota Jakarta.

Dalam video yang diunggah kembali di kanal YouTube Merry Riana, ada satu pengakuan Ashraf yang membuat Merry Riana kagum pada suami aktris Bunga Citra Lestari (BCL) itu.

Aktor asal Malaysia tersebut rupanya jatuh cinta pada Indonesia karena melihat energi dan jiwa masyarakat di Tanah Air yang sangat kuat.

"Mungkin lifestyle di sini, semua di sini energinya sangat tinggi, macetnya luar biasa. Tapi yang paling saya suka mungkin soul-nya. Indonesia punya soul-nya sangat kuat," ujar mendiang Ashraf seperti dikutip Kompas.com, Senin (24/2/2020).

Baca juga: Terlalu Jujur, Mendiang Ashraf Sinclair Pernah Bikin Heboh Wartawan Malaysia

"Soul, entrepreneurship, spirit of the people, menurut aku itu yang sangat menarik dengan Indonesia," kata mendiang Ashraf saat berbincang dengan Merry Riana dalam video berjudul "ASHRAF SINCLAIR - WEJANGAN TERAKHIR (The Last Lecture) | Spoken Word | Merry Riana".

Menurut Ashraf banyak pelajaran yang didapat dari Indonesia, terutama Jakarta.

Ayah dari Noah Sinclair ini sempat menceritakan tentang betapa terkejutnya dia melihat ada joki 3 in 1 dan ojek payung di Jakarta. Satu hal yang tidak akan mungkin bisa ditemukannya di Malaysia.

"Saya paling kaget itu zaman kita di jalanan itu, Joki kan. Pertama kali aku lihat ini orang begini-begini (menunjukkan jari), ngapain di pinggir jalan," ujarnya.

Beruntung Ashraf memiliki Bunga yang bisa langsung menjelaskan fungsi joki 3 in 1 tersebut.

Baca juga: 7 Hari Ashraf Sinclair Meninggal, Ibunda Minta Anaknya Didoakan

 

Sempat terkagum-kagum, Ashraf kembali dibuat terkejut melihat adanya ojek payung di mal saat hujan.

Keberadaan orang-orang seperti itu yang membuatnya sadar masyarakat Indonesia pekerja keras dan mau membantu.

"Enggak ada (joki payung di Malaysia), hujan ya hujan sendiri," ujarnya.

Baca juga: Aishah, Adik Ashraf Sinclair Berjanji Menjaga BCL dan Noah

Kemudian, Ashraf menambahkan bahwa orang di Indonesia sangat kuat dalam hal saling membantu dan mencari penyelesaian atas masalah.

"Di sini banyak yang mau bantuin. Pemikiran orang Indonesia itu mindset problem solving. Makanya orang bilang di Indonesia itu segala sesuatu bisa. (banyak masalah) Banyak kesempatan untuk membuat solusi," ujar Ashraf Sinclair.

Dari Ashraf Sinclair, Merry Riana belajar untuk rendah hati, sabar, tekun, pantang menyerah, selalu belajar, dan tidak pelit dalam membagi ilmu.

Baca juga: Wanita Terbahagia, Lagu BCL yang Buat Ashraf Sinclair Menangis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com