Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tegaskan Tidak Ada Racun di Tubuh Lina Jubaedah

Kompas.com - 31/01/2020, 18:03 WIB
Baharudin Al Farisi,
Dian Maharani

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga menegaskan tidak adanya racun di dalam tubuh jenazah Lina Jubaedah.

Hal itu berdasarkan hasil analisis Pusat Laboratorium Forensik (Polri) atas otopsi jenazah Lina Jubaedah.

"Kemudian pada pemeriksaan toksikologi yang dilakukan oleh teman-teman dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor), tidak ditemukan adanya zat beracun pada sampel dari korban," ungkap Erlangga dalam jumpa pers di Polrestabes Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/1/2020).

Baca juga: Mantan Istri Sule, Lina Jubaedah Meninggal Dunia karena Sakit

Erlangga juga mengatakan, pada jenazah Lina tidak ditemukannya tanda-tenda kekerasan.

"Dari hasil visum, didapat keterangan bahwa kondisi jenazah dalam keadaan sudah membusuk, kedua tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan ," ungkapnya.

Atas hal itu semua, pihak kepolisian beserta tim menyimpulkan bahwa meninggalnya Lina Jubaedah disebabkan adanya penyakit di dalam tubuh Lina.

"Sebagai kesimpulan, setelah dilakukan pemeriksaan otopsi dan Labfor, dapat dijelaskan bahwa kematian saudari Lina Jubaedah bukan karena adanya kekerasan maupun racun di dalam tubuh saudari Lina Jubaedah, akan tetapi akibat penyakit," kata Lina.

Baca juga: Sule Tak Akan Hadiri Pengumuman Hasil Otopsi Lina Jubaedah

Sebelumnya, Lina meninggal dunia pada Sabtu (4/1/2020) dan dimakamkan di makam Jalan Sekelimus Utara I Kota Bandung.

Kemudian, Rizky melaporkan meninggalnya sang ibunda ke Polrestabes Bandung pada 6 Januari 2020 lantaran menduga adanya kejanggalan.

Setelah itu, polisi menindaklanjuti laporan Rizky Febian pada Rabu (8/1/2020) dengan melakukan olah TKP di rumah Lina Jalan Neptunus Tengah.

Kamis, 9 Januari 2020, makam Lina dibongkar dan jenazahnya diotopsi. Usai otopsi, jenazah Lina dipindahkan dan dimakamkan di Ujungberung.

Baca juga: Teddy Ungkap Kronologi Sebelum Lina Jubaedah Meninggal

Setelah dilakukan pemeriksaan organ dalam dan luar, tim juga mengambil sample racun dari jenazah lina untuk di analisis di Puslabfor.

Polda Jabar berencana untuk menyampaikan hasil otopsi ibunda Rizky Febian ini pada Senin (27/1/2020) siang.

Namun, hasil otopsi mantan istri komedian Sule, Lina Jubaedah, yang sebelumnya dijadwalkan diumumkan Senin (27/1/2020) ditunda hingga hari Jumat (31/1/2020) ini, dikarenakan penyidik membutuhkan waktu untuk kembali menganalisa hasil otopsi.

Untuk mengungkapkan laporan Rizky Febian, hingga saat ini pihak kepolisian telah memeriksa 25 saksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com