Trauma, Isyana Sarasvati Curcol Tak Baca Komentar Netizen Selama 5 Tahun

Kompas.com - 03/12/2019, 11:55 WIB
Isyana Sarasvati berkunjung ke Redaksi Kompas.com, di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019). Isyana dan penyanyi Gamaliel Tapiheru berkerja sama dengan Disney Indonesia sebagai pengisi soundtrack film Alladin berjudul A Whole New World. KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAIsyana Sarasvati berkunjung ke Redaksi Kompas.com, di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019). Isyana dan penyanyi Gamaliel Tapiheru berkerja sama dengan Disney Indonesia sebagai pengisi soundtrack film Alladin berjudul A Whole New World.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Isyana Sarasvati mengungkapkan pengalaman pribadi di balik pembuatan album terbarunya, Lexicon.

Melalui akun Instagram-nya yang dikutip Kompas.com, Selasa (3/12/2019), Isyana mengatakan bahwa ia sempat mengalami trauma sehingga tidak ingin melihat komentar netizen selama lima tahun terakhir.

"Halo selamat malam teman-teman, mau curhat santai ya sedikit, hehe. Salah satu hal yang membuat aku sangat berterima kasih pada LEXICON, adalah karena akhirnya aku meretakkan sebuah trauma pribadi yang sudah mengakar cukup lama," tulis kata Isyana.

Baca juga: Album Lexicon, Kamus Hidup Isyana Sarasvati

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Sepenggal cerita tentang diriku yang aku bagikan di twitter kemarin malam ???????????? Terima kasih, #LEXICON

A post shared by #LEXICON (@isyanasarasvati) on Dec 1, 2019 at 2:57pm PST

"Yaitu, berani membaca komentar dan respon dari kalian semua. Sudah hampir jelang 5 tahun aku tidak pernah membaca komen-komen kalian terhadap karya-karyaku SECARA LANGSUNG," lanjutnya.

Isyana menuturkan, selama ini, dia selalu meminta rekannya untuk menjadi perantara dengan para netizen yang berkomentar di Instagram-nya.

"lni pengakuan aja ya, waktu awal-awal sekitar 3-4 tahun lalu ya, bener-bener aku punya tim yang bisa bacain komen dan beritahu aku secara verbal," tutur Isyana.

"Dan kalau aku lagi mau bales, ya bener-bener bisa tuh aku ngetik di notes, forward ke mereka. Kemudian mereka yang copy paste ke reply comment-nya. Edan sih. Aku tahu ini berlebihan. Tapi memang begitu adanya," kata Isyana.

Baca juga: Album Lexicon, Kamus Hidup Isyana Sarasvati

Belakangan, pelantun tembang "Tetap Dalam Jiwa" itu akhirnya memberanikan diri untuk membaca komentar-komentar itu beberapa saat.

"Setahun terakhir ini, sekali-kali berani tapi hanya 5-10 menit pertama post itu diunggah. Itu juga karena ada fitur top comment, jadi tahu kalau di klik paling atas komen temen-temen yang aku follow, sudahnya ga kuat mental lagi," ujarnya.

Lexicon menjadi album ketiga Isyana Sarasvati setelah merilis album Explore! yang dirilis pada November 2015 dan Paradox pada September 2017 lalu.

Album Lexicon inilah yang akhirnya melepaskan Isyana dari traumanya itu.

Menurut Isyana, Lexicon mempunyai makna tersendiri, yang berarti kamus.

Baca juga: Isyana Sarasvati Suguhkan Lexicon dalam Bentuk Boxset, Apa Saja Isinya?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X