Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perasaan Ashanty Berkecamuk dan Terpukul Saat Tahu Kena Autoimun

Kompas.com - 25/11/2019, 11:11 WIB
Rintan Puspita Sari,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Ashanty menjawab rasa penasaran warganet atas penyakit yang diderita setelah pulang dari rumah sakit.

Ashanty mengatakan, awalnya hanya mengikuti suaminya, artis musik Anang Hermansyah, yang menjalani pemeriksaan kesehatan Digital Substraction Angiography (DSA) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

Dokter mengizinkan Anang untuk melanjutkan proses DSA, sementara Ashanty justru tidak diperbolehkan karena saat itu dicurigai mengidap gejala autoimun.

Baca juga: Aurel Sebut Hasil Pemeriksaan Ashanty Akan Dikirim ke Amerika

"Dokter tidak mengizinkan aku tes DSA, Mas Anang boleh, karena ternyata Mas Anang sehat, bagus semuanya, tapi aku ternyata tidak boleh karena dokter mendiagnosa ada gejala autoimun," kata Ashanty dalam tayangan Vlog YouTube The Hermansyah A6, Senin (25/11/2019).

Ashanty akhirnya melakukan serangkaian tes untuk mendapat kepastian gejala autoimun yang dicurigai oleh dokter. Setelah hasilnya keluar setelah lima hari, dokter memastikan bahwa Ashanty terkena gejala autoimun.

"Dan keluar (hasil) dari RSPAD, aku kena gejala autoimun, yaitu inflamasi usus," ujar Ashanty.

Baca juga: Ashanty Sakit Autoimun: Bentol di Sekujur Tubuh, Dilarang Makan Nasi, Jaringan Usus Diperiksa

Ashanty tidak pernah menduga akan didiagnosis penyakit tersebut. Ashanty mengaku sempat merasa terpukul.

Ketika Ashanty mencoba mencari informasi terkait penyakit yang diderita di dunia maya, banyak yang menyebut penyakitnya tidak bisa disembuhkan bahkan bisa berujung pada kematian.

"Aku tidak pernah tahu autoimun penyakit apa, dari mana, terus aku Googling bahwa enggak bisa sembuh, bisa mematikan, awalnya sempat drop banget," kata Ashanty.

Baca juga: Kena Autoimun, Ashanty Dilarang Makan Nasi

Banyak hal terlintas dalam pikirannya saat itu, dari anak-anak hingga dosa yang pernah diperbuat.

"Kalau misalnya aku nanti kenapa-kenapa, siapa yang jagain (anak-anak)? Banyak banget deh berkecamuk banget perasaan enggak enak itu," kata Ashanty.

Namun saat kembali masuk rumah sakit beberapa waktu lalu, Ashanty merasa jauh lebih tenang dan tidak terlalu memikirkan hal-hal seperti saat awal didiagnosis terkena gejala autoimun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com