Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Tanah Jahanam Batal Tayang di Dua Bioskop Tua, Begini Faktanya

Kompas.com - 08/11/2019, 07:58 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film karya tangan dingin sineas Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam, batal tayang di dua bioskop tua, yakni bioskop Atoom Bogor dan Grand Teather Senen.

Dari mulai kondisi ruangan yang tidak memungkinkan hingga masalah perizinan, membuat Joko gagal memberikan pengalaman berbeda kepada penonton dalam menyaksikan film arahannya itu.

Baca juga: Perempuan Tanah Jahanam: Tambah Layar hingga Tembus 1,5 Juta Penonton

Kompas.com merangkum fakta batalnya film Perempuan Tanah Jahanam tayang di dua bioskop tua sebagai berikut:

1. Cek langsung kondisi biskop Atoom

Salah satu pemain PTJ, Marissa Anita, mengecek langsung kondisi biskop Atoom, Citeureup, Bogor, Jawa Barat, yang terkenal angker.

Baca juga: Unik! Perempuan Tanah Jahanam Bakal Diputar di Bioskop Angker Jakarta

Marissa menemukan fakta menarik tentang kisah menyeramkan di balik bioskop itu.

"Setelah dengar penjelasan penjaga tentang 'kerasukan massal', Marissa Anita dan tim Perempuan Tanah Jahanam masuk ke dalam Bioskop Atoom untuk memeriksa keamanan bangunannya langsung. Tiba-tiba Tara Basro nelpon," tulis Joko pada akun Instagram-nya, @jokoanwar, yang dikutip Kompas.com, Jumat (1/11/2019).

"Di dalam Bioskop Atoom, Marissa Anita mendapatkan fakta bahwa debu di dalam bioskop mungkin sudah terkumpul sejak tahun 90-an," sambung Joko.

Baca juga: Dalam 5 Menit, Tiket Nobar Perempuan Tanah Jahanam di Bioskop Tua Ludes Terjual

2. Batal tayang di Atoom

Rencana Joko Anwar mengajak penonton merasakan pengalaman berbeda menonton film horor Perempuan Tanah Jahanam di Bioskop Atoom, batal.

Joko dan tim tidak mempermasalahkan gedung bioskop yang disebut angker. Namun, yang menjadi perhatian Joko dan tim adalah soal keselamatan menonton.

Tim, kata Joko, memutuskan untuk tidak melanjutkan rencana memutar film di bioskop yang sudah tidak beroperasi dan terbengkalai sejak 1998 tersebut.

Baca juga: Perempuan Tanah Jahanam Diputar di Bioskop Grand Senen

"Penampakan, kesurupan massal, bukan penghalang. Tapi kondisi atap yg sewaktu-waktu bisa rubuh tentunya berbahaya. Marissa Anita nonton PTJ sendiri di Bioskop Atoom mewakili. Kami mencari bioskop tua lain," tulis Joko.

3. Beralih ke Grand Teater Senen 

Setelah batal diputar di Bioskop Atoom, film thriller Perempuan Tanah Jahanam kemudian dialihkan untuk diputar di bioskop tua terbengkalai lainnya di Grand Theater Senen, Jakarta Pusat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com