Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Paul McCartney Akhirnya Ungkap Inspirasi di Balik Lirik Lagu Legendaris Yesterday The Beatles

Baris lirik “Yesterday” yang dimaksud adalah “I said something wrong, now I long for yesterday” di bagian bridge yang muncul dua kali di lagu tersebut.

Dalam podcast-nya A Life in Lyrics, Paul McCartney berbicara tentang bagaimana kalimat tersebut secara tidak sadar terinspirasi oleh percakapan dengan ibunya beberapa tahun sebelum menulis lagu tersebut.

“Terkadang hanya dengan mengingat kembali Anda bisa menghargainya,” kata Paul McCartney dikutip Senin (26/2/2024).

“Saya ingat dengan sangat jelas suatu hari saya merasa sangat malu karena telah mempermalukan ibu saya,” imbuh Paul McCartney.

Paul McCartney yang kini berusia 81 tahun lalu menceritakan bagaimana ibunya sering bercerita dengan bahasa Wales yang dianggap lembut dan beraksen khas.

Perbincangan itu, kata Paul, begitu membekas di benaknya.

“Kami sedang berada di halaman belakang dan dia berbicara mewah. Dia berasal dari Irlandia dan dia adalah seorang perawat, jadi dia berada di atas permukaan jalan. Jadi dia sedang merencanakan sesuatu untuknya, dan dia akan membicarakan hal-hal yang menurut kami agak mewah. Dan itu juga sedikit khas Welsh – dia punya koneksi, bibinya Dilys adalah orang Welsh,” tutur Paul McCartney.

Sebagai informasi, lagu “Yesterday” dirilis pada tahun 1965 di album The Beatles berjudul Help! dan telah di-cover lebih dari 2000 kali oleh musisi lain, menjadikannya salah satu musik yang paling banyak ditampilkan sepanjang masa.

Dalam berita The Beatles lainnya, serangkaian empat film biografi akan dibuat Sony Pictures Entertainment di tahun-tahun mendatang, dengan masing-masing anggota band mendapatkan perspektif mereka sendiri.

Sam Mendes akan menyutradarai keempat film tersebut. Film biografinya akan diceritakan dari sudut pandang masing-masing anggota band dan akan saling bersinggungan.

Proyek ini menandai pertama kalinya Apple Corps Ltd. dan The Beatles – Paul McCartney, Ringo Starr, serta keluarga John Lennon dan George Harrison – memberikan kisah hidup penuh dan hak musik untuk sebuah film bernaskah. Film-film tersebut diperkirakan akan dirilis pada tahun 2027.

Di tempat lain, wanita yang menemukan dan mengembalikan gitar bass McCartney yang telah lama hilang kini berharap dia bisa mendapatkan hadiah.

Gitar bass – yang dijuluki bass paling penting dalam sejarah karena perannya dalam merekam banyak lagu hits Beatles – dicuri dari musisi tersebut pada tahun 1972, lalu dikembalikan kepada Paul McCartney pada minggu lalu.

https://www.kompas.com/hype/read/2024/02/26/110010066/paul-mccartney-akhirnya-ungkap-inspirasi-di-balik-lirik-lagu-legendaris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke