Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fakta Menarik di Balik Layar Film Glenn Fredly The Movie

Film Glenn Fredly The Movie itu dibintangi beberapa bintang papan atas ternama, yaitu Marthino Lio, Zulfa Maharani, Alyssa Abidin, Sonia Alyssa, Ruth Sahanaya, dan Bucek.

Sebelum dirilis, film yang disutradarai Lukman Sardi ini merilis poster dan trailernya pada Rabu (24/1/2024).

Poster tersebut tampak Marthino Lio yang dibuat sangat mirip dengan Glenn Fredly berada di atas panggung dengan sorotan lampu.

Marthino Lio tampak menunjuk ke atas langit yang bercahaya mengenakan topi ala Glenn Fredly sambil memegang gitar.

Kemudian, di belakang foto Marthino Lio tampak ada tulisan "Love Music Family." Tiga kata itu adalah hal penting dalam hidup Glenn Fredly.

Film biopik Glenn Fredly itu akan segera dirilis di bioskop Indonesia. Sebelum menonton, berikut rangkuman fakta di balik Glenn Fredly The Movie.

1. Empat sosok wanita di perjalanan hidup Glenn Fredly

Glenn Fredly mengciptakan banyak lagu romantis, juga lagu galaunya. Hal itu tak begitu saja hadir tanpa ada percintaan yang menghiasi kehidupannya.

Ada empat wanita yang dihadirkan dalam film Glenn Fredly The Movie yang pernah menghiasi hidup sang legenda.

Empat wanita tersebut, yakni ada Mutia Ayu (diperankan oleh Zulfa Maharani), Nola (diperankan Alyssa Abidin), Dewi (Sonia Alyssa), ibu Glenn Fredly, Linda (Ruth Sahanaya).

Produser Daniel Mananta mengatakan, kehadiran empat sosok wanita dalam kehidupan Bung Glenn sudah dapat izin dan persetujuan dari pihak terkait.

"Apakah dapat izin pasti dapat izin, enggak mungkin berjalan tanpa izin. Dari empat wanita ini lah yang akhirnya menginspirasi Bung Glenn menciptakan lagu-lagu cinta dan patah hati Bung Glenn," kata Daniel di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu kemarin.

Meski ada beberapa wanita yang menghiasi kehidupan percintaan Glenn Fredly di film ini, karakter yang dibuat tidak sama persis dengan karakter di dunia nyata.

2. Marthino Lio akan menyanyikan kembali lagu Glenn Fredly

Marthino Lio memerankan karakter Glenn Fredly. Di film ini, Marthino Lio akan menyanyikan kembali secara langsung lagu-lagu Glenn Fredly.

Oleh karena itu, Marthino Lio harus menyamakan suaranya dengan suara tinggi Glenn Fredly.

“Ya kan (aku) emang ada basic musik ya. Paling PR-nya, pendekatannya nyamain tinggi suaranya Bung Glenn. Itu susah banget karena Bung Glenn suaranya tinggi,” kata Marthino Lio.

Marthino Lio mengatakan, untuk latihan vokal, ia diajarkan langsung oleh Aldi, sepupu dari Glenn Fredly.

Selain diminta untuk bernyanyi, Marthino Lio juga harus menurunkan berat badannya sekitar 6 kilogram demi memerankan karakter Glenn Fredly.

3. Dipinjamkan baju pengantin asli Mutia Ayu dan Glenn Fredly

Mutia Ayu juga meminjamkan baju pengantinnya dengan Glenn untuk dikenakan oleh Marthino Lio (sebagai Glenn) dan Zulfa Maharani (Mutia Ayu) di adegan pesta pernikahan.

Zulfa Maharani mengaku sempat merasa khawatir ketika mengenakan pakaian pengantin milik istri mendiang musisi Glenn Fredly tersebut.

"Aku mau berterima kasih kepada Kak Ayu karena pas adegan aku dan (Marthino) Lio menikah, kami dikasih baju asli yang dipakai oleh Kak Ayu dan Bung Glenn waktu mereka menikah. Rasanya deg-degan sekali karena takut bajunya rusak karena pasti (baju) itu memorable banget untuk Kak Ayu," kata Zulfa.

Zulfa yang memerankan karakter Mutia Ayu di film tersebut juga menuturkan bahwa dirinya merasa takjub saat mengenakan baju pengantin itu. Zulfa seolah mendapatkan tambahan energi.

4. Debut Ruth Sahanaya main film

Penyanyi legendaris sejak 1980-an, Ruth Sahanaya, resmi debut sebagai aktris lewat film Glenn Fredly The Movie ini.

Ia memerankan karakter Mama Bung Glenn yang bernama Linda Latuihamallo.

Ruth Sahanaya masih tak bisa menyangka bahwa ia duduk sebagai salah satu pemain dalam film Glenn Fredly The Movie.

Awalnya, ia hanya iseng berandai-andai menjadi seorang aktris yang harus berakting di sebuah film.

Ia mengutarakan keinginannya tersebut kepada sang suami ketika mereka sedang nonton sebuah film.

Setelah berandai-andai, lima menit kemudian ia mendapat telepon dari Lukman Sardi ditawarkan main dalam Glenn Fredly The Movie.

Pelantun lagu “Bahasa Kalbu” itu sempat meragukan dirinya. Apalagi ia mendapatkan peran yang sangat penting di dalam cerita itu.

“Saya bersyukur mendapatkan produser yang luar biasa. Terima kasih untuk kepercayaannya, untuk Lukman juga, dia yang meyakinkan saya bahwa saya bisa. Itu juga yang membuat saya yakin, oke saya bisa. Lebih bersyukur lagi untuk semua keluarganya Glenn,” ucap Ruth Sahanaya.

5. Bisa jadi tontonan Gewa untuk kenal ayahnya

Mutia Ayu yang hadir pun tak kuasa menahan tangis melihat trailer dari film Glenn Fredly The Movie ini.

Mutia Ayu menangis karena sangat merindukan sosok Glenn Fredly.

Mutia Ayu kemudian mengenang momen menjelang Glenn Fredly meninggal yang sempat menceritakan tentang keluarganya.

Kebetulan ia sempat berpikir bagaimana menceritakan tentang Glenn Fredly ke anaknya, Gewa Atlana Syamayim.

Wanita kelahiran 1995 ini bersyukur karena dengan adanya film ini, ia pun jadi tak kesulitan menceritakan bagaimana kisah hidup Glenn ke sang anak.

“Jadi pas Glenn meninggal Glenn tuh sempat flashback menceritakan kehidupannya mengenai keluarga. Kemarin aku mikir gimana ya Gewa bisa mengenal sosok ayahnya hanya dari mungkin foto, video klip. Lagu-lagunya tapi sekarang Gewa udah bisa mengenal sosok ayahnya dari film Glenn Fredly,” kata Mutia Ayu.

Terakhir, Mutia Ayu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam film ini. Ia juga meminta doa agar yang menonton film ini terberkati.

https://www.kompas.com/hype/read/2024/01/25/101214066/5-fakta-menarik-di-balik-layar-film-glenn-fredly-the-movie

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke