Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polisi Bantah Interogasi Keras Lee Sun Kyun Sehari Sebelum Ditemukan Meninggal Dunia

Seperti diketahui, Lee ditemukan meninggal dunia pada hari Rabu (27/12/2023), sehari setelah polisi melakukan pemeriksaan di tengah kecurigaan penggunaan obat-obatan terlarang.

Kepala kepolisian distrik yang menyelidiki aktor Korea Selatan Lee Sun Kyun atas tuduhan penggunaan narkoba ilegal pada hari Kamis membela diri dari interogasi keras terhadapnya sebelum dia ditemukan tewas.

Kepala Polisi Metropolitan Incheon Kim Hui-jung mengatakan pada konferensi pers bahwa seluruh proses dapat dibenarkan dan dilakukan atas persetujuan Lee.

"Investigasi terhadap almarhum dilakukan berdasarkan laporan spesifik, kesaksian dan bukti serta berdasarkan prosedur yang ditentukan secara hukum," ucapnya.

Dia juga menyatakan bahwa pemeriksaan itu perlu untuk mendengarkan pihak Lee Sun Kyun dan dilakukan atas persetujuannya, di hadapan pengacaranya.

Sebelum ditemukan meninggal dunia di dalam mobilnya yang sedang terparkir di sebuah taman, Lee memang menjalani pemeriksaan polisi selama 19 jam.

"Kami tidak mungkin menggunakan taktik yang melanggar hukum. Mengenai penyelidikan yang terlambat, Lee Sun Kyun telah menyetujuinya, dan dua pengacara menemaninya. Investigasi juga dicatat," ungkap pihak Kepolisian Incheon, dilansir Allkpop.

Saat diintrogasi, Lee Sun Kyun sempat meminta untuk mengikuti tes detektif kebohongan (lie detector).

Namun hal itu belum diputuskan oleh pihak kepolisian hingga Lee ditemukan meninggal dunia.

Selain proses interogasi, Lee dikabarkan sempat meminta penyelidikannya dilakukan secara tertutup.

Namun kebocoran informasi dalam penyelidikan tersebut menyebabkan kerusakan permanen pada reputasi bintang film Parasite itu.

“Tidak lazim melihat nama-nama orang yang diselidiki terungkap pada tahap awal," kata seorang pejabat polisi yang berpengalaman menyelidiki kasus penyalahgunaan narkoba yang melibatkan selebriti.

"Ketika informasi dalam penyidikan terungkap, mau tidak mau kasus tersebut akan sulit diselesaikan karena strategi penyidikannya juga akan terungkap,” lanjutnya. 

Di sisi lain, pengacara Lee mengatakan pekan lalu bahwa pemeriksaan lebih lanjut harus dilakukan secara pribadi, karena aktor tersebut merasa “tertekan” karena harus muncul di depan kamera untuk panggilan polisi.

Hanya saja menurut pengacara Lee, polisi tidak menerima permintaan Lee untuk melakukan pemanggilan polisi secara pribadi.

Karena itu, kematian Lee mendatangkan simpati dari industri film dan publik serta pertanyaan mengenai sifat penyelidikan yang keras dan bersifat publik.

https://www.kompas.com/hype/read/2023/12/29/165846766/polisi-bantah-interogasi-keras-lee-sun-kyun-sehari-sebelum-ditemukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke