Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akting Minim Dialog di Film Just Mom Menguras Emosi Ayushita

Di film Just Mom ini, Ayushita berperan sebagai Marni, seorang ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) yang diasuh oleh Ibu Siti (Christine Hakim) menjadi anaknya.

Berperan sebagai ODGJ di film Just Mom, Ayushita mendapat sedikit dialog. Di film itu, dialog Ayushita hanya saat memanggil ibunya sebanyak tiga kali.

“Buat saya pribadi ketika ada satu scene yang berdialog hanya dua dari tiga pemain. Jadi pemain yang diam itu tetap harus beraksi, bukan cuma plang pleng nanti adegannya mati," kata Ayushita di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (3/8/2023).

"Walaupun berpuluh-puluh scene (diam) tapi kan tetap main. Justru itulah latihan saya berkesadaran saat tidak berkesadaran,” ujar Ayushita

Ayushita mengatakan, setelah banyak diam di setiap adegannya justru ia malah lupa teknik saat harus berdialog.

“Ketika akhirnya dialog ibu itu saya agak lupa teknik karena udah lama enggak ngomong. Aku lupa teknik sebagai aktor yang baik kan harus pakai diafragma agar tidak merugikan aktor lain. Nah ini suara aku semi-semi habis,” ucap Ayushita.

Menurut Ayushita, adegan dia berteriak memanggil ibunya itu justru menguras energi dan fisiknya.

“Sebenarnya kalau main enggak ada dialog itu kan tetap ada energi yang dibangun gitu, mungkin salah satunya adegan ketika ada connection secara batin sama Ibu yang sampai akhirnya aku mengeluarkan dialog itu. Itu salah satu yang lumayan menguras emosi dan fisik,” tutur Ayushita.

Film Just Mom adalah konten premiere Bioskop Online yang diangkat dari novel Ibu, Doa yang Hilang karya Bagas Dwi Bawono.

Film ini pernah melakukan world premiere di Jakarta Film Week pada 20 November 2021 dan mengadakan Special Screening di festival film Jogja-NETPAC Asian Film 2021 (JAFF 2021).

Film Just Mom menceritakan tentang perjalanan hidup Siti, seorang ibu yang kesepian karena anak-anaknya sibuk dengan urusan masing-masing.

Meski demikian, naluri keibuan Siti tetap ingin melimpahkan kasih sayangnya kepada anak-anaknya.

Namun, kisahnya berubah ketika Siti memilih untuk memberikan kasih sayangnya yang tulus dengan merawat ODGJ.

Masyarakat yang hendak menonton dapat membeli tiketnya mulai Rp 20.000 melalui website www.bioskoponline.com atau aplikasi Bioskop Online yang dapat diunduh di App Store dan Google Play Store.

https://www.kompas.com/hype/read/2023/08/03/121230066/akting-minim-dialog-di-film-just-mom-menguras-emosi-ayushita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke