Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jajaran Pemain Oppenheimer Tinggalkan Gala Premiere di London Demi Aksi SAG AFTRA

Aksi mogok kerja itu dipicu dari kebuntuan kesepakatan dalam negosiasi dengan pihak studio besar.

SAG-AFTRA, yang mewakili 160.000 aktor, menuntut kenaikan upah pokok dan pembagian keuntungan residual yang lebih adil dalam setiap film yang mereka bintangi disiarkan ulang di era layanan streaming digital.

Selain itu, serikat juga menyoroti ancaman kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI) dalam produksi film yang penggunaannya belum diatur.

Mereka menuntut agar pekerjaan mereka tidak akan digantikan oleh AI atau gambar digital aktor tidak akan digunakan oleh pihak studio tanpa izin.

Christopher Nolan sebagai sutradara membenarkan bahwa para pemainnya sengaja meninggalkan acara red carpet karena aksi tersebut.

"Salah satu serikat saya, Serikat Penulis, dalam perjuangan untuk upah yang adil bagi anggota serikat yang bekerja, dan kami mendukung mereka," kata Nolan.

Acara gala premiere Oppenheimer di London dihadiri para pemain seperti Cillian Murphy, Emily Blunt, Matt Damon, Florence Pugh, dan Robert Downey Jr.

"Semuanya harus membuat kesepakatan yang adil dan kami di sini untuk merayakan filmnya. Jika mereka (Serikat) melakukan aksi mogok, kami sebagai para pemain akan pergi bersama sebagai bentuk dukungan untuk semuanya," kata Emily Blunt.

Film Oppenheimer adalah sebuah karya sinematik yang menggambarkan kehidupan J. Robert Oppenheimer, seorang fisikawan yang memiliki peran penting dalam pengembangan bom atom selama The Manhattan Project pada era World War II.

Film ini mengungkap sisi humanisme dari Oppenheimer dan memaparkan lebih dalam tentang kompleksitas yang membentuk kehidupan dan keputusannya, hingga berdampak begitu besar untuk dunia yang kita tinggali saat ini.

Oppenheimer akan tayang di bioskop Indonesia pada tanggal 19 Juli 2023.

https://www.kompas.com/hype/read/2023/07/15/191523566/jajaran-pemain-oppenheimer-tinggalkan-gala-premiere-di-london-demi-aksi-sag

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke