Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tuntutan Naik Gaji Tak Dituruti, 160.000 Aktor Hollywood Ancam Mogok Kerja

Dilansir CNN, aksi mogok kerja itu terkait negosiasi kenaikan gaji pokok dan pembayaran residual dari siaran streaming yang gagal.

SAG-AFTRA akan mogok kerja bersama serikat penulis, yakni Writers Gulit of America (WGA), yang berjumlah 11.000 orang.

"Dengan menyesal, serikat pekerja telah memilih jalan yang akan menyebabkan kesulitan keuangan," kata salah satu pernyataan studio televisi dilansir CNN, Jumat (14/7/2023).

Jika aksi mogok kerja ini terjadi, akan menjadi salah satu aksi terbesar selama 63 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1960.

Dukungan para artis

Aksi mogok kerja itu mendapat dukungan para artis salah satunya Matt Damon dalam pemutaran perdana film Oppenheimer di London, Inggris.

Matt mengatakan, sebenarnya tidak ada aktor yang ingin menghentikan kegiatannya di dunia perfilm-an.

Namun, karena tidak ada kesepakatan terkait tuntutan yang diajukan SAG-AFTRA, maka semua aktor harus terus berjuang untuk mendapatkan keadilan yang diajukan dalam negosiasi.

"Tapi jika kepemimpinan kita mengatakan bahwa kesepakatan itu tidak adil, maka kita harus bertahan sampai kita mendapatkan kesepakatan yang adil untuk aktor pekerja," ujar Matt.

Aktris Margot Robbie yang berperan dalam film Barbie juga mendukung penuh aksi tamg dilakukan oleh SAG-AFTRA.

Demikian juga dengan aktor Sheryl Lee Ralph, ia mengatakan, bahwa semua aktor SAG-AFTRA semata- mata hanya untuk berjuang mencari nafkah.

"Kami berjuang untuk apa yang kami sukai, dan apa yang kami tahu disukai orang. Kami bukan perusahaan besar bernilai jutaan dolar. Tidak, kami adalah manusia," kata Ralph.

"Dan kami ingin menikmati apa yang kami lakukan, dan kami ingin mencari nafkah. Tentang itulah ini," ujar dia.

https://www.kompas.com/hype/read/2023/07/14/120349266/tuntutan-naik-gaji-tak-dituruti-160000-aktor-hollywood-ancam-mogok-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke