Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Film Terlaris Sepanjang Masa, Ada Avatar: The Way of Water

KOMPAS.com – Avatar: The Way of Water merupakan film anyar garapan sutradara kondang James Cameron. Film ini bisa disaksikan di bioskop mulai 14 Desember 2022.

Sebulan lebih setelah perilisan resminya, Avatar: The Way of Water Berhasil masuk jajaran film terlaris sepanjang masa, mengalahkan Spiderman: No Way Home (2015) dan Jurassic World (2015).

Dilansir Box Office Mojo, Minggu (22/1/2023), Avatar: The Way of Water hingga 22 Januari 2023 berhasil mengantongi pendapatan total 1,972 miliar dollar Amerika Serikat (AS). Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah karena filmnya masih ditayangkan di bioskop di seluruh dunia.

Menyusul berita kesuksesan Avatar: The Way of Water, berikut enam daftar film terlaris sepanjang masa yang dirangkum Kompas.com dari Box Office Mojo.

Avatar menempati urutan pertama sebagai film terlaris sepanjang masa. Total pendapatan yang berhasil diraih Avatar adalah sekitar 2,923 miliar dollar AS.

Film pertama franchise Avatar ini menceritakan tentang bumi pada masa depan yang mengalami krisis energi. Manusia dituntut untuk mencari sumber energi pengganti di planet bernama Pandora.

Pandora dihuni suku Na’vi, sosok setinggi 3 meter yang hidup di alam. Mereka menyembah sosok Dewi Ibu bernama Eywa. Planet ini juga memiliki sumber energi besar bernama unobtanium.

Sayangnya, udara di Pandora tidak cocok bagi manusia karena mengandung racun yang mematikan.

Seorang ilmuwan bernama Dr Grace Agustinus (Sigourney Weaver) pun mencari cara agar manusia bisa tiba di Pandora. Caranya dengan menggunakan media tubuh Na’vi dan manusia yang disebut “Avatar”.

Salah satu Avatar yang dikirim adalah Jake Sully (Sam Worthington). Saat bertugas sebagai Avatar, Jake diserang oleh seekor thanator. Ia kemudian diselamatkan seorang wanita suku Na’vi bernama Neytiri (Zoe Saldaña).

Bersama Neytiri, Jake mengetahui keadaan suku Na’vi yang sesungguhnya.

Avenger: Endgame merupakan film pamungkas dari rangkaian franchise The Avengers di bawah timeline Marvel Cinematic Universe (MCU).

Dua puluh tiga hari berselang setelah peristiwa Avengers: Infinity War (2018), setengah populasi dunia lenyap akibat ulah Thanos.

Captain Marvel/Carol Danvers (Brie Larson) pergi ke luar angksa untuk menyelamatkan Tony Stark/Iron Man (Robert Downy Jr) dan Nebula (Karen Gilian).

Mereka berencana untuk mengambil infinity stone dari Thanos (Josh Brolin). Namun, Thanos murka dan menghancurkan batu tersebut. Thor (Chris Hemsworth) yang marah kemudian membunuh Thanos.

Lima tahun setelahnya, para Avengers masih berusaha untuk lepas dari duka dan kehilangan mereka. Namun, harapan baru muncul dari Ant Man/Scott Lang (Paul Rudd) yang baru keluar dari Quantum Realm. Ia kaget dengan kondisi dunia yang kacau balau.

Scott meyakinkan para Avengers bahwa teori kuantum memungkinkan mereka untuk kembali ke masa lampau untuk mengambil infinity stone sebelum dicuri oleh Thanos.

Namun, rencana para Avengers untuk mencuri infinity stone tidaklah mudah. Salah satu rintangan datang dari Nebula pada masa lampau yang berusaha menghancurkan rencana para Avengers.

Avengers: Endgame menjadi film kedua terlaris sepanjang masa. Film besutan Anthony dan Joe Russo ini berhasil mengantongi pendapatan total Rp 2,799 miliar dollar AS.

Titanic merupakan film klasik garapan sutradara James Cameron. Selama penayangannya di bioskop, Titanic berhasil mendulang pendapatan sebesar Rp 2,194 miliar dollar AS.

Jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah karena studio Paramount berencana untuk memutar ulang film ini dengan versi yang lebih baik, yakni kualitas 3 dimensi (3D), 4K high dynamic range (HDR), serta frame tinggi. Versi remaster Titanic bisa disaksikan di bioskop mulai 10 Februari 2023.

Titanic menceritakan kisah cinta menyedihkan antara Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) dan Jack Dawson (Leonardo DiCaprio).

Ketika berusia 17 tahun, Rose bersama ibunya, Ruth DeWitt Bukater (Frances Fisher) dan calon tuangannya, Caledon Nathan Hockley (Billy Zane) menaiki kapal raksasa Titanic.

Rose yang tidak mencintai Caledon bertemu Jack di kapal tersebut. Kedekatan keduanya bermula saat Jack berusaha menyelamatkan Rose yang hendak bunuh diri.

Namun, kisah cinta antara keduanya tidak berjalan mulus. Sebab, Jack dan Rose memiliki latar belakang sosial yang sangat berbeda. Keluarga Rose pun menentang keras hubungannya dengan Jack.

Kisah cinta keduanya semakin tragis dengan adanya insiden besar yang menimpa kapal Titanic.

Star Wars: Episode VII–The Force Awakens merupakan film ketujuh seri Skywalker. Film ini memiliki setting setelah peristiwa Return of the Jedi (1983).

Kisahnya berfokus pada petualangan Rey (Daisy Ridley) dan Finn (John Boyega) menghadapi First Order, kekuatan baru yang muncul setelah runtuhnya Galactic Empire.

Kelompok Resistance yang dipimpin saudara kembar Luke Skywalker, Leia Organa (Carrie Fisher) berusaha mengalahkan First Order dan membawa keseimbangan tatanan galaksi.

First Order dipimpin oleh sosok bertopeng bernama Kylo Ren (Adam Driver). Kylo memiliki harapan untuk bisa mengembalikan kejayaan Darth Vader dalam menguasai galaksi.

Rey dan Finn harus berupaya keras menghadapi ancaman Kylo Ren dan First Order. Dalam perjalanan ini, ia dibantu oleh Leia Organa dan Han Solo (Harrison Ford).

Secara global, Star Wars: Episode VII–The Force Awakens meraup keuntungan sebesar 2,071 miliar dollar AS.

Avengers: Infinity War berkisah mengenai ambisi besar Thanos (Josh Brolin) untuk menguasai alam semesta. Ia berkeinginan untuk melenyapkan setengah populasi semesta agar dunia bisa lebih sejahtera.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Thanos pun mengumpulkan enam infinity stone atau batu abadi yang tersebar di berbagai tempat. Setiap batu memiliki kekuatan masing-masing. Jika berhasil mengumpulkan enam batu ini, Thanos bisa menjadi penguasa jagat raya.

Thor (Mark Ruffalo) dan Thor (Chris Hemsworth) berusaha menghentikan aksi Thanos. Keduanya mengumpulkan para pahlawan super untuk menghadapi Thanos.

Namun, usaha para Avengers untuk menghentikan Thanos tidaklah mudah. Terlebih setelah Thanos mengambil Mind Stone yang ada pada dahi Vision (Paul Bettany).

Mereka harus melakukan berbagai cara untuk menghentikan aksi Thanos mengumpulkan keenam infinity stone yang ada.

Selama masa penayangannya, Avengers: Infinity War berhasil mengumpulkan total pendapatan total sebesar 2,052 miliar dollar AS.

Avatar: The Way of Water masuk dalam jajaran film terlaris sepanjang masa. Pendapatan total yang berhasil didapatkan film ini adalah sebesar 1,972 miliar dollar AS.

Premis film ini masih berfokus pada petualangan Jake Sully di Pandora. Jake kini menikah dengan Neytiri dan memiliki empat anak, yakni Neteyem, Lo’ak, Kiri, dan Tuk, dan Miles "Spider" Soccoro.

Kehidupan keluarga ini harus menemu berbagai tantangan. Mereka bahkan terlibat pertempuran dengan sejumlah pihak yang mencoba menjajah Pandora.

Salah satu orang jahat yang harus dihadapi adalah Miles Quaritch (Stephen Lang), sosok yang pernah mencoba menghancurkan keluarga Jake pada film pertama.

Untuk melindungi tanah Pandora, Jake dan suku Omaticaya harus mengasingkan diri dari hutan. Mereka pun menjalin kerja sama dengan Metkayina, bangsa yang hidup berdampingan dengan lautan.

Akankah koalisi antara Omaticaya dan Metkayina berhasil menghentikan aksi-aksi jahat dari para penjajah?

Kisah seru petualangan Jake dalam Avatar: The Way of Water bisa disaksikan di bioskop di Tanah Air.

https://www.kompas.com/hype/read/2023/01/23/190000566/6-film-terlaris-sepanjang-masa-ada-avatar--the-way-of-water

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke